Wanita

Seperti Dialami BCL, Ini 5 Penyebab Perut Buncit pada Wanita

Sebelumnya BCL juga pernah diterpa kabar hamil karena perut yang tampak membesar. Namun kabar itu tak terbukti kebenarannya.

Yasinta Rahmawati

BCL saat olahraga. (Instagram/bclsinclair)
BCL saat olahraga. (Instagram/bclsinclair)

Himedik.com - Bunga Citra Lestari (BCL) lagi-lagi dikabarkan hamil lantaran perut buncit. Kabar tersebut muncul setelah beredar video BCL sedang checksound di sebuah hotel di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @kiaisauraa pada Jumat (1/3), nampak BCL bernyanyi dalam balutan tank top hitam dan celana legging biru tua.

BCL juga memakai jaket oversize yang resletingnya dibiarkan terbuka. Memang dalam foto itu, perutnya nampak membuncit. Sontak saja BCL langsung heboh dikabarkan sedang mengandung.

Terlepas dari benar tidaknya dugaan tersebut, sebelumnya BCL juga pernah diterpa kabar hamil karena perut yang tampak membesar. Namun kabar itu tak terbukti kebenarannya.

Sebagai informasi, kondisi perut buncit pada wanita tak selalu terkait dengan kehamilan. Justru kondisi ini paling sering terjadi dipengaruhi banyaknya jaringan lemak di perut.

Dilansir dari laman Alodokter, berikut beberapa penyebab perut buncit pada wanita selain hamil.

1. Penumpukan lemak

Penumpukan lemak di bagian perut dapat terjadi karena jarang olahraga ditambah konsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan tinggi kalori, lemak, dan gula maupun minuman beralkohol.

2. Penumpukan gas (bloating)

bloating adalah kondisi pencernaan yang sedang terisi oleh gas atau udara. Penyebab dari bloating sendiri bisa karena hormon dan stres, atau kondisi medis lainnya.

Ilustrasi perut buncit (Pexels/Andres Ayrton)
Ilustrasi perut buncit (Pexels/Andres Ayrton)

3. Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan sulit buang air besar (BAB) atau frekuensi BAB yang lebih sedikit. Jika terjadi dalam waktu lama, feses yang tertahan dapat menyebabkan penumpukan gas berlebih di usus. Hal ini menyebabkan perut terlihat buncit.

4. Asites

Jika bloating adalah penumpukan gas, maka asites adalah penimbunan cairan di antara organ yang terletak dalam perut. Jika cairan yang menumpuk makin banyak, bisa mengakibatkan perut membesar dan terasa keras.

5. Menstruasi

Perut buncit dapat disebabkan oleh perubahan hormon saat menstruasi. Level estrogen yang lebih tinggi saat menstruasi menyebabkan penumpukan udara dan gas pada usus. Akibatnya, perut jadi terasa buncit dan kembung.

Berita Terkait

Berita Terkini