Info

Mitos atau Fakta, Madu Asli Tak Bakal Dikerubuti Semut?

Madu diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyediakan sumber energi alami.

Yasinta Rahmawati

Madu (pexels)
Madu (pexels)

Himedik.com - Madu sudah dikenal sejak dulu sebagai bahan alami yang memiliki beragam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim dalam madu dapat memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh manusia.

Madu diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyediakan sumber energi alami.

Meskipun manfaat madu telah terbukti lewat banyak studi, masih terdapat polemik seputar keaslian madu di tengah masyarakat. Beberapa mitos tentang madu yang beredar, bahkan kerap membingungkan masyarakat

Herpil, salah satu UKM dari Bogor yang berkomitmen untuk menghasilkan madu terbaik demi meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat Indonesia, membagikan informasi untuk menjawab beberapa mitos yang sering ditemukan di tengah masyarakat.

Mitos 1
Madu yang asli tidak akan dikerubuti semut.

Mitos ini adalah indikator yang salah dalam menentukan keaslian madu. Sebenarnya, madu mengandung glukosa dan fruktosa yang sangat diminati oleh semut, walaupun tidak semua jenis madu menjadi daya tarik bagi semut.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan kandungan madu yang bergantung pada sumber nektar yang ditemukan oleh lebah penghasil madu.

Mitos 2
Madu yang asli tidak akan membeku saat ditaruh di dalam kulkas.

Meskipun tidak memiliki tekstur cair seperti air, madu tetap mengandung kadar air, sehingga dapat mengalami proses kristalisasi atau penebalan saat ditempatkan di dalam kulkas.

Tapi, sering masyarakat keliru menganggap kristalisasi madu sebagai indikasi madu palsu. Padahal ini sebenarnya merupakan reaksi alami madu saat disimpan di dalam kulkas dan bergantung pada tingkat kandungan fruktosa di dalamnya.

Mitos 3
Madu yang asli memiliki warna yang pekat dan tidak mengalami perubahan warna.

Meskipun warna madu tidak menentukan keasliannya, warna tersebut lebih berkaitan dengan sumber nektar yang digunakan oleh lebah penghasil madu.

Sebagai contoh, madu yang dihasilkan dari nektar pohon mahoni dapat memiliki warna yang berbeda dengan madu yang berasal dari pohon randu. Perbedaan warna ini sebenarnya mencerminkan variasi sumber nektar dan bukan sebagai penentu keaslian madu.

Herpil sebagai brand lokal, bertekad membangun pemahaman yang kokoh, sehingga masyarakat tidak hanya menikmati madu berkualitas tinggi, tetapi juga menghargai kebenaran di setiap tetesnya. Herpil juga tidak hanya memberikan perhatian khusus pada kualitas madu, tetapi juga memastikan bahwa produknya sampai kepada konsumen dengan cepat dan aman, sehingga mempercayakan layanan same day dan reguler dari Ninja Xpress dalam hal pengiriman, yang menjadikan proses distribusi madu lebih efisien dan terpercaya.

(Suara.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini