Info

Jarang Disadari, 5 Superfood Ini Mudah Ditemui dan Baik untuk Dikonsumsi

Lantas apa saja makanan yang tergolong dalam superfood? I

Yasinta Rahmawati

Sajian telur setengah matang. (pixabay)
Sajian telur setengah matang. (pixabay)

Himedik.com - Pasti Anda pernah mendengar istilah superfood atau makanan super di berbagai platform media sosial, iklan kesehatan, berita dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu apa itu superfood dan makanan apa saja yang masuk ke dalam daftar superfood? Simak ulasannya berikut ini.

Superfood adalah kelompok makanan yang terdiri dari sumber makanan nabati, ikan, dan susu yang dianggap kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Meski demikian tidak ada satu makanan pun yang bisa berkhasiat secara keseluruhan tapi ada makanan yang lebih sehat daripada lainnya.

Secara umum superfood mengandung mineral, vitamin, senyawa antioksidan, serat, lemak sehat, dan flavonoid. Lantas apa saja makanan yang tergolong dalam superfood? Ini daftarnya, dirangkum dari Healthline.

1. Buah Beri

Buah-buahan yang termasuk ke dalam golongan buah beri menjadi daftar pertama dalam kategori superfood. Buah beri ini sarat akan antioksidan dan nutrisi, baik untuk kolagen kulit dan tinggi serat yang baik untuk kesehatan.

Adapun jenis buah beri yang tergolong dalam superfood adalah bluberry, raspberry, blackberry, cranberry, strawberry, bilberry, dan blackcurrant.

Blackberry. (Shutterstock)
Blackberry. (Shutterstock)

2. Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran menjadi makanan sumber nabati yang mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Sayuran tersebut salah satunya adalah sayuran berdaun hijau gelap seperti pokcoy, sawi, kale, brokoli, sayuran bit, arugula, kubis dan bayam. 

Nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau ini antara lain: zat besi, folat, vitamin C, antioksidan, zinc, dan serat yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit kronis.

3. Teh hijau

Teh hijau menjadi obat herbal yang dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini karena teh hijau kaya akan antioksidan dan senyawa polifenol yang memiliki efek anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari penyakit seperti jantung, diabetes dan kanker.

ilustrasi teh hijau (Unsplash)
ilustrasi teh hijau (Unsplash)

4. Telur

Telur utuh mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, selenium, zat besi, vitamin A, fosfor dan kolin. Telur juga mengandung antioksidan tinggi yaitu lutein dan zeaxanthin yang mampu melindungi penglihatan dan kesehatan mata. 

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung anti-inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan berbagai macam penyakit lainnya. Bahkan dengan adanya bawang putih ini, semua masakan akan terasa lebih lezat saat dihidangkan. 

Itulah 5 daftar superfood yang wajib untuk Anda ketahui. Dengan ini, Anda dapat lebih peduli terhadap kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti di atas. 

(M. Zuhdi Hidayat)

Berita Terkait

Berita Terkini