Info

Ingin Mulai Jalani Intermittent Fasting? Hindari 5 Kesalahan Berikut

Kendati terdengar mudah, tapi ada beberapa hal atau kesalahan yang bisa membuat hasil intermittent fasting tidak maksimal.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi diet. (Pixabay/TeroVesalainen)
Ilustrasi diet. (Pixabay/TeroVesalainen)

Himedik.com - Intermittent fasting memang populer satu dekade terakhir. Metode diet ini dianggap cukup efektif oleh kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan, karena mereka tidak perlu mengurangi konsumsi makanan, melainkan hanya menetapkan periode atau jendela makan saja.

Kendati terdengar mudah, tapi ada beberapa hal atau kesalahan yang bisa membuat hasil intermittent fasting tidak maksimal. Berikut daftarnya dirangkum dari South China Morning Post.

1. Konsumsi makanan tidak sehat selama periode makan

Karena jendela makan yang terbatas, penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Jangan karena kalap, Anda justru tergiur oleh makanan tinggi kalori.

Diet ala puasa. (shutterstock)
Makanan untuk diet intermittent fasting. (shutterstock)

2. Makan terlalu sedikit

Makan terlalu sedikit atau kurang dari 1.200 kalori per hari selama periode makan justru berdampak buruk, karena hanya akan menurunkan massa otot dan memperlambat metabolisme,

3. Kurang minum air putih

Hidrasi ekstra sangatlah penting dalam intermittent fasting. Jadi pastikan Anda mencukupi kebutuhan air selama periode makan.

Ilustrasi dehidrasi. (shutterstock)
Ilustrasi dehidrasi. (shutterstock)

4. Olahraga berat

Olahraga dengan intensitas tinggi yang dibarengi dengan pembatasan asupan kalori hanya akan menimbulkan terlalu banyak tekanan pada tubuh.

5. Minum minuman berkalori

Minuman berkalori seperti susu atau kopi dengan gula, termasuk juga air kelapa sebaiknya dihindari selama periode makan. Sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

Berita Terkait

Berita Terkini