Info

Sering Dibuang, Ternyata Ini 5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Untuk mengonsumsi biji pepaya, Anda bisa menelannya langsung atau mengeringkannya dahulu untuk diolah jadi bubuk.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi biji buah pepaya (enzymedica)
Ilustrasi biji buah pepaya (enzymedica)

Himedik.com - Pepaya merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia. Buah yang memiliki tekstur empuk dan rasa manis ini menjad andalan untuk melancarkan pencernaan. Namun pernahkah Anda memakan biji pepaya?

Berukuran kecil dan berwarna hitam, biji pepaya terletak di bagian tengah buah. Sering dibuang begitu saja, sebenarnya biji pepaya menawarkan beberapa manfaat kesehatan bila dikonsumsi dengan benar.

Untuk mengonsumsi biji pepaya, Anda bisa menelannya langsung atau mengeringkannya dahulu lalu menggilingnya menjadi bubuk. Setelahnya, Anda bisa menaburkan bubuk tersebut pada salad, smoothie atau hidangan lainnya.

Lantas apa saja manfaat makan biji pepaya? Berikut dirangkum dari laman NDTV.

Ilustrasi buah dan biji pepaya (Pixabay/Saraambi)
Ilustrasi buah dan biji pepaya (Pixabay/Saraambi)

1. Mencegah sembelit

Biji pepaya mengandung enzim papain yang membantu memperlancar pencernaan. Sehingga mampu mencegah masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lain.

2. Kaya antioksidan dan bersifat antiinflamasi

Kehadiran senyawa flavonoid dan fenolik dalam biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan meredakan kondisi peradangan seperti arthritis.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji pepaya kaya akan vitamin C. Vitamin ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu produksi kolagen, meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

4. Membantu menurunkan berat badan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, makan biji pepaya membantu Anda kenyang lebih lama. Sehingga, mengonsumsinya rutin dengan batas wajar bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Menjaga kesehatan jantung

Biji pepaya mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang menyehatkan jantung, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular.
5.

Berita Terkait

Berita Terkini