Info

5 Penyebab Badan Sakit saat Bangun Tidur, Tak Cuma Salah Posisi

Jika Anda mengalami nyeri tubuh saat bangun tidur, bisa jadi karena posisi tidur Anda yang salah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi tidur. (pixabay)
Ilustrasi tidur. (pixabay)

Himedik.com - Setelah tidur, biasanya seseorang akan merasa lebih segar saat bangun. Hanya saja, tak sedikit orang yang justru merasakan badan sakit saat bangun dari tidur. Mengapa demikian?

Ternyata, ada beberapa penyebab badan jadi sakit saat bangun tidur. Berikut penyebabnya yang dilansir dari Brisbane Bulk Billing Doctor, dirangkum Suara.com.

1. Kasur dengan Kualitas Buruk

Rata-rata orang menghabiskan 40 persen hidupnya untuk tidur. Hanya saja, penyebab badan menjadi sakit saat bangun dari tidur, disebabkan karena kualitas buruk dari kasur. Jika kasur empuk hingga tenggelam di bagian pinggul, ini bisa menjadi penyebab tubuh menjadi sakit.

2. Posisi Tidur

Tidur telentang dianggap sebagai cara terbaik dalam posisi tidur. Karena posisi kepala, leher, dan tulang belakang dalam posisi netral. Sayangnya, posisi ini dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Jadi, jika Anda mengalami nyeri tubuh, bisa jadi karena posisi tidur Anda yang salah.

Ilustrasi tidur mangap. (unsplash/Kinga Cichewicz)
Ilustrasi posisi tidur. (unsplash/Kinga Cichewicz)

3. Adanya Kondisi Medis

Nyeri tubuh saat bangun dari tidur, bisa jadi itu disebabkan karena kondisi medis lainnya. Salah satunya peradangan seperti penyakit Lyme, tiroid, radang sendi, sindrom kelelahan kronis, dan kekurangan vitamin D. Jika Anda khawatir akan kondisi ini, Anda bisa konsultasi dengan dokter terdekat.

4. Kurang Tidur

Nyeri tubuh hingga pegal-pegal saat bangun tidur, bisa jadi itu disebabkan karena kekurangan tidur. Memiliki kualitas tidur yang buruk, ini akan membahayakan kondisi tubuh Anda. Jika Anda menderita insomnia, bicarakan dengan dokter terdekat Anda.

5. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan membuat sendi, otot, tendon, dan ligamen Anda menjadi tegang, di mana ini dapat menyebabkan nyeri tubuh saat bangun tidur. Jika Anda merasakan kondisi tersebut, sebaiknya pertimbangan diet dan memulai program olahraga dari sekarang.

Berita Terkait

Berita Terkini