Info

5 Tips Mengembalikan Pola Makan Sehat setelah Puasa dan Lebaran

Pasca-Lebaran menjadi kesempatan untuk mengatur kembali pola makan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Lebaran identik dengan hidangan lezat tinggi gula dan lemak, seperti gorengan dan santan. Hal ini bisa mengganggu pola makan sehat. Untuk itu, berikut lima tips untuk kembali ke pola makan sehat setelah Lebaran.

1. Perhatikan Asupan Gula, Garam, dan Minyak

Batasi konsumsi gula, garam, dan minyak. Pantau berat badan secara rutin, lakukan cek kesehatan, istirahat cukup, dan kelola stres dengan baik.

2. Terapkan Prinsip Diet 4J

Ikuti pola makan sehat 4J: Jumlah, Jadwal, Jenis, dan Jurus Masak. Pastikan asupan makanan cukup dan seimbang, atur jadwal makan teratur, pilih jenis makanan sehat, dan olah makanan dengan cara sehat seperti kukus, rebus, panggang, atau pepes. Menggoreng maksimal dua kali seminggu.

Menu makanan sehat. (Unsplash/Max Delsid)
Menu makanan sehat. (Unsplash/Max Delsid)

3. Pilih Jenis Makanan Sehat

Pastikan kebutuhan makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak), mikronutrien (vitamin dan mineral), dan cairan terpenuhi. Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal. Pilih lemak baik dan kurangi lemak jenuh seperti gorengan atau junk food. Perhatikan asupan serat dari sayur dan buah.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan

Minum air putih minimal dua liter atau delapan gelas sehari. Kurangi minuman manis, bersoda, dan berkafein berlebihan seperti kopi, karena dapat menyebabkan sering buang air kecil dan menghambat penyerapan kalsium.

5. Lakukan Aktivitas dan Latihan Fisik

Olahraga minimal 3-5 kali seminggu. Mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki untuk melenturkan otot, kemudian atur jadwal olahraga sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini