Wanita

Takut ASI Berkurang Drastis saat Puasa? Begini Kata Dokter

Ibu menyusui tak perlu takut memberikan ASI selama berpuasa.

Yasinta Rahmawati

Tips menyusui bayi di depan umum. (Mumsnet)
Tips menyusui bayi di depan umum. (Mumsnet)

Himedik.com - Banyak ibu mungkin ragu untuk bisa menyusui anaknya dengan lancar selama berpuasa Ramadan 2024. Karena, mereka mungkin takut ASI menjadi tidak selancar dan sebanyak biasanya.

Puasa memang membatasi asupan kalori dan cairan harian. Tapi, bukan berarti ibu menyusui harus takut memberikan ASI selama berpuasa.

Melalui channel YouTube Tanyakan Dokter, dr. Jeffry Kristiawan mengatakan puasa tida akan membuat produksi ASI berkurang drastis. Karena, tubuh pasti sudah menyesuaikan diri dengan aktivitas menyusui.

Apalagi, ibu yang sudah menyusui selama beberapa bulan. Tubuh Anda sudah terbiasa untuk memberikan dan memproduksi ASI.

"Saat ASI itu diberikan semakin sering, baik itu secara langsung atau pumping. Sebenarnya saat payudara sudah kosong, akan memberi sinyal ke otak untuk memproduksi ASI lagi. Jadi, produksi ASI ini tidak terlalu berpengaruh saat berpuasa," kata dr Jeffry Kristiawan.

Ilustrasi ibu menyusui. (freepik)
Ilustrasi ibu menyusui. (freepik)

Terkait puasa mengurangi asupan kalori, ibu menyusui bisa mengakali kondisi ini dengan cara membuat jadwal makan tambahan dan ngemil selama berpuasa.

Menurut dr Jeffry, puasa Ramadan mungkin akan berdampak pada kandungan vitamin dan mineral dalam ASI ibu menyusui.

Meski begitu, Dr Jeffry mengatakan ibu menyusui tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal itu dan tetaplah menyusui.

"Puasa berdampak pada kandungan vitamin dan mineral pada ASI yang sedikit berkurang jumlahnya. Tapi, itu tidak akan mempengaruhi secara signifikan pada kebutuhan si kecil," jelasnya.

(Suara.com/Shevina Putti A)

Berita Terkait

Berita Terkini