Anak

Yuk, Penuhi 6 Macam Nutrisi Ini untuk Perkembangan Anak

Dalam masa pertumbuhan anak membutuhkan beragam nutrisi yang penting untuk tubuhnya. Yuk simak apa saja nutrisi yang dibutuhkan.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

sumber nutrisi (shutterstock)
sumber nutrisi (shutterstock)

Himedik.com - Anak kenyang belum tentu nutrisinya terpenuhi. Perlu diperhatikan apa saja sumber nutrisi yang ia makan. Jangan sampai, anak hanya kenyang tetapi nutrisi kurang.

Sebagai informasi bagi kamu para ibu muda, nih telah dirangkum enam macam nutrisi yang dibutuhkan anak.

1. Kalsium

Sudah tahu kan kalau kalsium terdapat dalam susu? Fungsinya untuk pertumbuhan tulang. Kalsium juga membantu menjaga fungsi saraf dan otot, pertumbuhan gigi, pembekuan darah, serta mengubah makanan menjadi energi.

susu (shutterstock)
susu (shutterstock)

2. Magnesium

Magnesium berperan dalam menjaga kestabilan irama jantung. Fungsi lainnya yaitu untuk sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga fungsi otot, saraf, serta menjaga tulang agar tetap kuat. Sumber makanan yang mengandung magnesium adalah sayuran, ikan, pisang, dan alpukat.

3. Kalium

Untuk nutrisi satu ini tugasnya adalah mengontrol keseimbangan air dalam tubuh, mengatur irama jantung, membantu fungsi otot, dan menjaga tekanan darah. Tak hanya itu, konsumsi kalium dalam jangka panjang juga bisa mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Sedangkan sumber makanan yang mengandung kalium di antaranya susu, tomat, dan pisang.

4. Vitamin

Vitamin yang paling dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak adalah A, C, D, dan E. Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata, menunjang pertumbuhan sel-sel tubuh, serta melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin ini bisa didapatkan dari wortel, hati ayam, susu, dan daging sapi.

sumber nutrisi (shutterstock)
sumber nutrisi (shutterstock)

Beralih ke vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, serta mencegah infeksi. Makanan yang mengandung vitamin ini adalah nanas, jeruk, melon, dan pepaya.

Selanjutnya vitamin D berperan dalam pembentukan gigi dan tulang. Makanan yang mengandung vitamin D adalah tahu, tempe, telur, dan daging ikan.

Sumber makanan yang mengandung vitamin E di antaranya alpukat, biji-bijian, dan bayam. Peran vitamin E dalam tubuh yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas.

5. Zinc

Perlu kamu tahu nih, kalau lebih dari 70 enzim dalam tubuh membutuhkan zinc untuk menjalankan fungsinya masing-masing. Nutrisi ini bisa kamu temukan dalam bayam, tomat, dan brokoli.

6. Zat besi

Terakhir adalah zat besi yang mana berperan dalam produksi hemoglobin dan mioglobin. Berikan anak nutrisi yang cukup dari makanan yang kaya zat besi seperti ikan, kuning telur, dan daging.

Nah, itu dia enam nutrisi penting yang diperlukan anak dalam tumbuh kembangnya. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini