Anak

Ini Empat Ritual Penting Sebelum Menidurkan Bayi

Himedik menyarakan kepada para orangtua agar membuat rutinitas malam yang santai untuk bayi.

Rauhanda Riyantama

Ritual sebelum menidurkan bayi. (pixabay)
Ritual sebelum menidurkan bayi. (pixabay)

Himedik.com - Menjadi orangtua baru tentunya menyimpan segudang PR yang harus diselesaikan. Apalagi jika ditambah dengan kehadiran si kecil, bisa dipastikan akan semakin banyak yang harus diurus.

Mungkin, sebagian besar orangtua akan berpikir bagaimana pola makan yang benar untuk anak, mengenalkan orang di sekelilingnya, hingga mengajarkan anak berjalan. Tapi dari semua yang dibayangkan di atas, membayangkan bagaimana cara menidurkan bayi bisa luput dari pikiran. 

Seperti diketahui, pola tidur tiap bayi tentu berbeda-beda. Ada yang mudah tidur, ada juga yang membutuhkan bimbingan orangtua untuk memperlajari pola tidur. 

Berkaca dari kasus tersebut, Himedik menyarakan kepada para orangtua agar membuat rutinitas malam yang santai untuk bayi. Dirangkum dari Mindbodygreen, berikut ritual yang bisa dilakukan untuk mengajarkan si anak tidur dengan baik.

1. Memilih waktu tidur

Sebelum menerapkan rutinitas tidur, pastikan untuk memilih waktu tidur yang cocok untuk orangtua dan si bayi. Dengan memulai rutinitas setiap malam pada waktu yang bersamaan, maka akan membantu menetapkan waktu tidur sebagai kebiasaan.

2. Aktivitas transisi

Bayi tidur. (pixabay)
Bayi tidur. (pixabay)

Mulailah rutinitas tidur dengan aktivitas transisi yang memungkinkan si kecil tahu waktu bermain berakhir dan saatnya untuk bersantai. Ini bisa berupa membaca buku, menyanyikan lagu, atau kegiatan santai lainnya.

3. Pijat menenangkan

Sebagai orangtua bisa menenangkan bayi dengan pijatan lembut. Mulailah dengan kaki dan perlahan-lahan naik ke atas, menggunakan sapuan lembut. Tingkatkan durasi pijat setiap malam mencapai 5-10 menit. Sempurnakan efek menenangkan dari pijatan ini dengan memasangkannya dengan musik yang lembut. 

4. Saatnya tidur

Pada langkah terakhir, saatnya untuk meletakkan bayi ke tempat tidur. Dia akan tertidur bahkan sebelum meletakkannya di tempat tidur. 

Berita Terkait

Berita Terkini