Anak

Anak di Atas Dua Tahun Tak Perlu Tidur Siang, Ini Alasannya

Moms wajib baca!

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi bayi tidur dengan orang tua - (Unsplash/Isaac Del Toro)
Ilustrasi bayi tidur dengan orang tua - (Unsplash/Isaac Del Toro)

Himedik.com - Sudah sering kita lihat pemandangan orang tua yang berjuang agar anak mereka bisa tidur siang.

Ya, ini tampaknya terjadi pada semua orangtua di seluruh dunia. Namun, bisa jadi ini saatnya kamu menghentikan kebiasaan ini, dikutip dari mirror.

Sebuah penelitian menemukan bahwa anak yang berusia di atas dua tahun sering mengalami kesulitan tidur ketika mereka bertambah tua. Hal ini terjadi ketika mereka sering tidur siang di saat mereka masih kecil.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan antara tidur siang dan perilaku fisik serta kesehatan anak. Para peneliti mengumpulkan data dari 26 studi yang mengamati tidur pada anak di bawah lima tahun.

Ilustrasi bayi tidur - (PIxabay/Ben_Kerckx)
Ilustrasi bayi tidur - (PIxabay/Ben_Kerckx)

 

Hasilnya peneliti menemukan tidur di siang hari dapat menyebabkan kualitas tidur yang lebih buruk setelah usia dua tahun.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa tidur siang hari bisa mengakibatkan masalah perilaku dan kesehatan jangka panjang termasuk keterlambatan perkembangan dan obesitas di masa kecil.

Profesor Karen Thorpe dari Queensland University of Technology mengatakan, "Orang tua tidak boleh berasumsi bahwa tidur siang dan tidur malam adalah sama dan oleh karena itu membuat mereka tidur siang maka mereka tidur lebih banyak, karena itu tidak pernah terjadi.

"Ini sama saja kamu mengacaukan tidur malam mereka," pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini