Anak

Picu Kontroversi, Ibu Muda Ini Biarkan Bayinya Menjadi 'Nokturnal'

Sang ibu muda ini membiarkan bayinya tidak memiliki pola tidur.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi bayi (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bayi (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Rerata, bayi baru lahir tidur siang dan malam, hanya akan bangun untuk menyusu setiap beberapa jam. Tetapi, sulit bagi orang tua baru untuk mengetahui berapa lama dan seberapa sering bayi baru lahir harus tidur.

Menurut Stanford Children's Health, total tidur bayi baru lahir sekitar 8 hingga 9 jam di siang hari dan sekitar 8 jam di malam hari. Namun, karena perut mereka kecil, mereka harus bangun setiap beberapa jam untuk makan.

Terkait hal ini, seorang wanita bernama Alice Bender dari Arizona, AS, menceritakan pola tidur putrinya yang dinilai kontroversial ke akun TikTok-nya, @alicellani.

Alice menyebut putranya sebagai anak nokturnal.

Dalam video-nya yang viral, wanita 22 tahun ini mengatakan bahwa ia membiarkan bayinya yang berusia enam bulan untuk tidur kapan pun yang dia mau. Artinya, Alice juga membiarkannya aktif di malam hari.

Bayi nokturnal (TikTok)
Bayi nokturnal (TikTok)

"Daripada memaksanya untuk mengikuti jadwal tidurku, aku lah yang mengikutinya. Dia biasa tidur di malam hari, tetapi belakangan ini ia tidur siang dan tidak apa-apa," ujar Alice, dilansir Mirror.

Menurutnya, tidak mungkin memaksa anak yang tidak ingin tidur agar tidur.

Sejak diunggah, video tersebut telah mendapat 223.000 suka dan ribuan komentar dari warganet. Beberapa dari mereka kurang setuju dengan gagasan Alice.

"Aku harap ini lelucon," komentar seorang warganet.

"Rutinitas atau jadwal tidur malam hari membantu bayi belajar mengatur tidur yang penting bagi perkembangan mereka," ujar warganet yang lainnya.

Bayi nokturnal (TikTok)
Bayi nokturnal (TikTok)

Sementara yang lain bertanya apa yang akan dilakukan Alice ketika putranya sudah bersekolah.

Namun, tidak semua warganet menentangnya. Ada yang memaklumi selama sang bayi mendapat jumlah tidur yang dibutuhkannya.

"Selama bayimu mendapat jumlah tidur yang dibutuhkannya, itu yang terpenting," imbuh warganet yang lain.

Ini bukan pertama kalinya pendekatan alternatif Alice dalam mengasuh anak memicu perdebatan. Sebelumnya, ia sempat memicu kontroversi karena Alice membiarkan anak-anaknya sering berjalan tanpa alas kaki di luar rumah dan di ruang publik.

Berita Terkait

Berita Terkini