Info

Sering Merasa Lelah? Enam Makanan Ini Bisa Kembalikan Energimu

Rasa lelah yang terus menerus bisa jadi penghalang buat kamu untuk melakukan aktivitas. Nah, 6 rekomendasi makanan ini bisa kembalikan energimu dengan cepat.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Pernah rasa lelah di kantor saat bekerja? Semua orang pasti akan katakan iya. Rasa lelah wajar timbul setelah kamu melakukan aktivitas, namun menjadi tak wajar jika terus menerus terjadi.

Selain itu, waktu tidur yang kurang atau tak sarapan bisa jadi faktor penyebabnya. Dari laman medicaldaily, beberapa makanan bisa kamu pilih nih untuk kembalikan energimu dan juga kurangi rasa lelahmu.

1. Lemon

Lemon/pexels
Lemon/pexels

Segelas air lemon mungkin perlu kamu coba untuk kembalikan energimu. Lemon bisa memenuhi 40% kebutuhan harian vitamin C meskipun dengan asupan kalori yang relatif rendah.

Lemon juga bisa meningkatkan metabolisme, mencegah lonjakan insulin serta memiliki kandungan kalium yang bisa meningkatkan fungsi otak dan saraf.

2. Kacang

Kacang/pexels
Kacang/pexels

Kacang merupakan sumber nutrisi yang bisa memberikan energi jangka panjang, menurut Nutrition Twins. Kacang-kacangan dapat menjadi sumber alternatif protein yang penting, selain daging. Nah, di sela-sela kerja, kamu bisa nih makan kacang untuk bisa kembalikan energimu.

3. Telur

Telur/pexels
Telur/pexels

Saat ini sudah banyak makanan yang ada campuran telurnya. Makanan jenis ini bisa kembalikan energimu. Sarapan dengan 1 butir telur disarankan untuk kamu agar bisa memulai hari dengan semangat.

Pasalnya, telur punya kandungan asam amino esensial yang dapat meningkatkan kerja otot. Telur juga merupakan sumber zat besi, protein, antioksidan dan berbagai vitamin. Baru-baru ini ada penelitian jika telur bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa meningkatkan risiko kardiovaskular.

4. Oatmeal

Oatmeal/pexels
Oatmeal/pexels

Protein dan karbohidrat yang terkandung dalam oatmeal  bisa bikin kamu tetap semangat menjalani hari. Oatmeal adalah salah satu makanan dengan jumlah serat paling tinggi.

Andy Bellatti, ahli gizi dari Las Vegas, mengatakan serat bisa bertahan dalam perutmu selama berjam-jam. Ini berarti kamu akan tetap memiliki energi untuk menjalani aktivitasmu.

5. Cokelat

Cokelat hitam/pexels
Cokelat hitam/pexels

Konsumsi cokelat jika kamu merasa lemas. Namun, ada baiknya kamu lebih memilih cokelat hitam untuk bisa dapatkan manfaat maksimal. Pasalnya, cokelat hitam adalah sumber antioksidan yang bisa meningkatkan energi dan suasana hati. Kamu disarankan memilih cokelat hitam dengan kandungan minimal 70% kakao.

6. Bayam

Bayam/pexels
Bayam/pexels

Kelelahan sering disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi. Zat besi yang terkandung dalam bayam bisa membantu sel darah dalam mengangkut oksigen ke bagian-bagian tubuh.

Sayuran berdaun hijau dianggap bisa meningkatkan zat besi dengan cepat.Bayam juga mengandung magnesium dan mineral penting untuk menambah energi.

Nah, sudah tahu kan makanan penghilang rasa lelah? Kamu bisa coba lho mulai besok, dijamin kamu bisa jalani aktivitas dengan penuh semangat.

Berita Terkait

Berita Terkini