Info

Cara Cepat Usir Sakit Kepala, Lakukan Saja Empat Hal Ini!

Sakit kepala sangat mengganggu aktivitas, apalagi ketika kamu sedang fokus-fokusnya bekerja. Intip yuk 4 hal yang bisa kamu lakukan untuk usir sakit kepala.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Sakit kepala/pexels
Sakit kepala/pexels

Himedik.com - Sakit kepala bisa sangat mengganggu apalagi kalau terjadi terus-menerus. Efek yang ditimbulkan pun beragam mulai dari pekerjaan jadi terhambat dan bahkan selera makan jadi hilang.

Kamu tak disarankan untuk sering mengonsumsi obat dokter jika mengalami sakit ringan seperti ini. Kali ini, Himedik punya empat cara biar sakit kepalamu cepat hilang, seperti dilansir dari medicaldaily.

1. Jangan menguncir rambut terlalu kencang

Kuncir rambut jangan terlalu kencang ya/pexels
Kuncir rambut jangan terlalu kencang ya/pexels

Ini pasti sering kamu lakukan, ya kan? Menguncir rambut yang terlalu kencang bisa sebabkan sakit kepala lho. Hal ini dibenarkan oleh Dr Denise E. Chou, asisten profesor neurologi di Columbia University Medical Center.

Kuncir rambut yang telalu ketat bisa menarik saraf sehingga menimbulkan ketegangan saraf. Kamu bisa gunakan gaya kuncir rambut yang tak terlalu ketat atau biarkan rambutmu terurai.

2. Mandi air panas

Mandi air panas/pexels
Mandi air panas/pexels

Dr. Mark W. Green dari Mount Sinai Medical Center di New York merekomendasikan mandi air panas untuk sembuhkan sakit kepala. Setidaknya pastikan suhu air panas atau hangat. Tetap tidur di tempat tak akan bisa sembuhkan kamu dari sakit kepala. Mandi air panas bisa mengurangi ketegangan pada otot di daerah kepala, leher dan bahu.

3. Stop mengunyah permen karet

Stop kunyah permen karet/pexels
Stop kunyah permen karet/pexels

Penelitian membuktikan seseorang yang terlalu sering mengunyah permen karet rentan terkena sakit kepala. Menurut Dr. Nathan Watemberg dari Meir Medical Center, Universitas Tel Aviv di Israel, gerakan konstan rahang bisa mengganggu sendi. Rahang berhubungan dengan tengkorak sehingga punya pengaruh yang besar menimbulkan sakit kepala.

4. Minum kopi

Minum kopi/pexels
Minum kopi/pexels

Menurut Dr. Elizabeth Loder di Brigham and Women's Hospital di Boston, kafein punya efek penghilang sakit kepala ringan. Tetapi, Loder juga menyarankan agar jangan minum berlebihan. Kamu bisa minum satu cangkir kopi saat mengalami sakit kepala.

Itu tadi beberapa cara untuk usir sakit kepala. Kamu punya saran lain nggak nih untuk usir sakit kepala? Silahkan tulis komentarmu ya.

Berita Terkait

Berita Terkini