Info

Waspada, Bahan Pasta Gigi Ini Bisa Ganggu Kesehatan Usus

Kamu pasti tak pernah sama sekali mengecek kandungan yang ada dalam pasta gigi yang kamu beli, benar kan? Ternyata ada bahan yang bisa ganggu kesehatan ususmu lho!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Pasta gigi tak hanya punya fungsi membersihkan gigi, tapi juga sekaligus memberikan aroma kesegaran pada mulut. Tentunya ada banyak bahan yang mampu membuat gigimu putih dan aroma mulutmu wangi.

Nah, saat kamu ke toko dan membeli pasta gigi, pernah nggak kamu memerhatikan bahan dasar dari pasta gigi tersebut?

Mungkin kamu tak ada pikiran untuk mengecek bahan dasar dari pasta gigi tersebut. Seperti dilansir dari medicaldaily, ternyata ada bahan pasta gigi yang bisa ganggu kesehatanmu lho, girls.

Bahan itu adalah triclosan. Triclosan merupakan bahan kimia antimikroba yang ada dalam ribuan produk saat ini.

FDA mengeluarkan aturan pada 2016 untuk tidak memasarkan produk-produk pencuci yang mengandung triclosan dan triclocarban.

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Namun sayang bahan tersebut masih ditemukan di produk lain seperti furnitur, mainan atau pun peralatan dapur. Penelitian pada 2017 mengatakan bahan ini dapat memiliki efek buruk pada kesehatan usus.

Dipimpin oleh penulis senior Guodong Zhang, para peneliti mempelajari efek dari bahan tersebut pada tikus. Menurut Zhang, Tikus mengalami peradangan kolon setelah dijalani penelitian.

Penelitian ini menggunakan tikus rekayasa genetika yang rentan terhadap penyakit radang usus (IBD).

Karena penyakit itu memburuk setelah terpapar, para peneliti menyarankan pasien IBD untuk mengurangi penggunaan bahan tersebut.

Dengan memengaruhi mikrobioma usus, triclosan berpotensi memiliki efek buruk pada radang usus besar dan kanker kolon. Triclosan dapat terserap melalui gusi dan masuk ke aliran darah saat menyikat gigi.

Selain itu, sebaiknya kamu mengganti sikat gigi setelah beralih ke pasta gigi non triclosan.

Nah, itu tadi bahan pasta gigi yang bisa ganggu kesehatan ususmu. Jadi, kamu sudah cek belum bahan pasta gigimu apa?

Berita Terkait

Berita Terkini