Info

Bikin Bugar, Berikut Makanan dengan Kandungan Magnesium Tertinggi

Setiap orang menginginkan badan yang sehat dan bugar. Salah satu syaratnya adalah kebutuhan magnesium dalam tubuh harus terpenuhi. Berikut tiga makanan dengan kandungan magnesium tertinggi.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Magnesium adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi ini bikin kamu merasa bugar dan sehat.

Menurut ahli nutrisi dari Australia, Fiona Tuck, magnesium bisa menjaga agar tulang tetap kuat dan sehat. Selain itu juga berperan penting dalam mengatur kadar gula, energi, fungsi saraf, dan fungsi otot.

National Institutes of Health merekomendasikan 310 hingga 320 miligram magnesium per hari untuk wanita dan 400 hingga 420 miligram untuk pria.

Seseorang yang menderita diabetes harus berhati-hati sebab mereka lebih rentan terhadap kekurangan magnesium.

Ahli diet yang berbasis di New York City, Amy Shapiro, menjelaskan orang yang sering minum alkohol, memiliki pola makan yang buruk, masalah pencernaan atau kekurangan vitamin D juga memiliki risiko kekurangan nutrisi ini.

Dari laman medicaldaily, Himedik.com menemukan tiga makanan yang bisa memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh.

1. Sayuran hijau

Bayam/pexels
Bayam/pexels

Satu mangkuk sayur bayam bisa memiliki kandungan magnesium sebanyak 157 miligram. Tentunya kandungan ini bisa memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuhmu. Selain bayam, lobak hijau juga bisa lho jadi pilihanmu.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang/pexels
Kacang/pexels

Selain sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa melengkapi kebutuhan magnesium dalam tubuh. Ngemil kacang almond atau kacang mete bisa membantu kamu penuhi nutrisi ini.

3. Pisang

Pisang/pexels
Pisang/pexels

Selain vitamin C dan serat, pisang berukuran sedang mengandung sekitar 32 mg magnesium yang merupakan sembilan persen dari asupan harian yang disarankan.

Himedik juga menemukan beberapa tanda jika kamu kekurangan magnesium. Untuk jangka pendek, masih belum ada tanda yang jelas, sedangkan untuk jangka panjang, tulang bisa menjadi lemah.

Pasalnya kadar kalsium dalam darah menjadi berkurang. Kamu juga bisa mengalami kram, emosi yang semakin berkurang dan mati rasa. Beberapa penelitian lain menunjukkan kekurangan magnesium bisa tingkatkan risiko depresi.

Usahakan untuk makan dua porsi sayur dan beberapa potong buah setiap hari. Kurangi gula, alkohol, dan makanan olahan untuk membantu asupan magnesium.

Nah, itu tadi tiga makanan dengan kandungan magnesium tertinggi. Semoga bermanfaat ya.

Berita Terkait

Berita Terkini