Info

Cari Tahu Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Sudah sikat gigi tapi masih bau mulut? Kenali penyebab dan cara mengatasinya.

Rendy Adrikni Sadikin | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Bau mulut bikin kamu tak nyaman apalagi ketika sedang diskusi bersama atasan. Bahkan kepercayaan dirimu bisa hilang hanya karena hal ini.

Pada umumnya, kekeringan pada mulutlah yang menyebabkan terjadinya bau mulut atau dengan kata lain bakteri berkembang saat kondisi mulut kering.

Bau mulut ini dikenal dengan istilah medis halitosis. Dari laman medicaldaily, Himedik.com menemukan tiga penyebab terjadinya bau mulut.

1. Bakteri di mulut

Bakteri berkembang ketika kondisi mulut kering/pexels
Bakteri berkembang ketika kondisi mulut kering/pexels

Studi menunjukkan bau dari mulut biasanya terjadi karena adanya plak di gigi, gusi dan bahkan lidah. Di lain sisi, kebiasaan membersihkan gigi yang tak benar juga bisa menjadi pemicu.

Penyebab umum bau mulut adalah kondisi mulut yang kering. Itulah sebabnya kenapa di pagi hari kita memiliki bau mulut karena produksi air liur berkurang selama tidur sehingga membuat mulut kering.

2. Penyakit dan obat-obatan

Obat-obatan/pexels
Obat-obatan/pexels

Menurut dokter gigi Harold Katz, pendiri California Breath Clinics, aroma yang sangat busuk bisa jadi adanya masalah paru-paru.

Bau mulut juga bisa menjadi salah satu tanda kemungkinan diabetes, infeksi saluran pernafasan, refluks kronis dan pembentukan amandel. Dalam beberapa kasus, efek samping obat-obatan juga dapat meningkatkan bau mulut.

3. Alkohol, tembakau dan diet

Alkohol/pexels
Alkohol/pexels

Halitosis dapat dipicu oleh kebiasaan merokok atau minum. Alkohol diketahui bisa menyebabkan dehidrasi, sedangkan rokok tidak hanya mengeringkan mulut tetapi juga meningkatkan jumlah senyawa penghasil bau di tubuhmu.

Selain itu, diet rendah karbohidrat juga menjadi penyebab masalah bau mulut. Menurut health.com, makanan seperti bawang putih, bawang merah, rempah-rempah, kubis, kecambah, kembang kol, dan lobak juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Nah, di bawah ini Himedik juga ingin bagi info tips mencegah bau mulut.

1. Jaga kebersihan mulut dengan benar

Sikat gigi minimal dua kali sehari, gunakan pembersih lidah, flossing dan juga obat kumur anti bakteri. Ini sangat penting jika kamu menggunakan kawat gigi atau gigi palsu. Kunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun ya.

2. Jaga agar tetap terhidrasi

Minum lebih banyak air di siang hari dan hindari minuman seperti soda yang bisa menghilangkan enamel gigi. Buah-buahan dan sayuran seperti apel, wortel dan seledri bisa bertindak sebagai pembersih gigi alami.

Cara lain adalah mengunyah permen karet. "Stimulasi saliva yang terjadi dengan permen karet, bisa mengurangi bau mulut," kata Dr Cassiano Kuchenbecker Rösing, seorang profesor dari Universitas Rio Grande do Sol di Brasil.

3. Obat herbal

Jennifer Jablow, seorang dokter kecantikan gigi yang berbasis di NYC, mengatakan tak ada salahnya kamu mengunyah daun mint segar atau peterseli.

Dia menjelaskan peterseli mengandung klorofil yang mencegah pembentukan senyawa volatil sulfur (VSCs) yang menyebabkan bau mulut.

Dokter gigi kecantikan dari NYC, Debra Glassman dari Glassman Dental Care, merekomendasikan bahan alami yaitu satu sendok makan soda kue ke dalam satu cangkir air hangat dengan beberapa tetes minyak peppermint untuk menghilangkan bau mulut.

Itu tadi penyebab dan pecegah bau mulut. Semoga bermanfaat ya.

Berita Terkait

Berita Terkini