Info

Delapan Sumber Serat Terbaik yang Harus Ada dalam Dietmu

Kamu yang ingin diet harus memasukkan asupan serat dalam list dietmu. Jangan salah pilih, ini referensi delapan sumber serat terbaik buat kamu.

Rendy Adrikni Sadikin | Yuliana Sere

Makanan mengandung serat/pexels
Makanan mengandung serat/pexels

Himedik.com - Asupan serat menjadi satu hukum wajib bagi kamu yang ingin diet. Serat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan serta memberi makan bakteri baik pada usus yang berguna bagi tubuh.

Untuk wanita, dianjurkan mengonsumsi sekitar 25 gram serat sedangkan untuk pria sekitar 38 gram setiap hari.

Nah, sudahkah kamu mendapat cukup serat untuk dietmu? Jika belum, berikut ada delapan referensi makanan sumber serat terbaik yang harus ada dalam dietmu.

1. Raspberry

Raspberry/pexels
Raspberry/pexels

Konsumsi satu cangkir raspberry sama dengan kamu mengonsumsi tiga iris roti gandum. Kandungan serat dalam buah ini jauh lebih tinggi daripada buah lainnya karena adanya biji-biji kecil dalam buah ini.

2. Almond

Kacang almond mengandung tiga sampai empat gram serat per ons. Menurut ahli diet Jenny Heap, kombinasi antara kacang almond yang mengandung protein nabati, serat dan lemak tak jenuh tunggal ditambah nutrisi utama seperti vitamin E dan magnesium bisa membantu jantung agar lebih sehat.

3. Sayuran kacang

Kacang panjang/pexels
Kacang panjang/pexels

Sekitar 5 hingga 8 gram serat ditemukan di setiap 100 gram ons sayuran kacang. Konsumsi sayuran kacang seperti kacang panjang akan membantu kamu memenuhi asupan serat dalam tubuh.

4. Alpukat

Alpukat menjadi sumber serat yang juga baik untuk tubuh dan bermanfaat membantu diet. Satu buah alpukat mengandung sekitar sembilan gram serat yang bisa memperbaiki proses pencernaan.

5. Gandum

Gandum/pexels
Gandum/pexels

Satu cangkir gandum mengandung sembilan persen asupan serat yang direkomendasikan untuk diet harianmu. Kandungan serat yang lebih tinggi memiliki efek probiotik, menurut Mette Kristensen dari Universitas Kopenhagen. Ini bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang berguna bagi tubuh.

6. Kentang

Selain serat, vitamin A juga terkandung dalam kentang. Perlu diingat bahwa kandungan serat juga ditemukan dalam kulit kentang sehingga sebaiknya kulit kentang juga ikut dimakan.

7. Brokoli

Brokoli/pexels
Brokoli/pexels

Satu cangkir brokoli berisi lima gram serat meski hanya mengandung sekitar 50 kalori. Batang brokoli juga sebaiknya jangan kamu buang karena mengandung serat dan vitamin C.

8. Popcorn

Popcorn dianggap sebagai sumber serat yang baik. Tiga cup popcorn mengandung tiga gram serat. Menurut ahli nutrisi, penambahan rasa pada popcorn membuat makanan ini menjadi berbahaya bagi tubuh.

Itu tadi delapan makanan sumber serat terbaik yang harus ada dalam dietmu. Yuk, diet sehat dari sekarang.

Berita Terkait

Berita Terkini