Info

Yuk, Contoh Gaya Hidup Sehat ala Orang Prancis dan Kroasia

Siapa sangka, ternyata Prancis dan Kroasia tercatat sebagai negara yang memiliki harapan hidup tinggi versi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Rauhanda Riyantama

Makanan ala orang Prancis. (Shutterstock)
Makanan ala orang Prancis. (Shutterstock)

Himedik.com - Timnas Prancis akhirnya keluar sebagai kampiun Piala Dunia 2018, setelah menundukkan perlawanan Timnas Kroasia di partai puncak. Namun, siapa sangka kedua negara ini ternyata tercatat sebagai negara yang memiliki harapan hidup tinggi versi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam situs resminya, WHO menuliskan harapan hidup bagi pria di Kroasia pada usia 75 tahun. Sedangkan bagi wanita mencapai usia 82 tahun.

Catatan menakjubkan ini didapat karena sebagian besar warga Kroasia menerapkan gaya hidup sehat. Sedikitnya gerai makanan cepat saji di sana, ditengarai sebagai salah satu penyebabnya. Mereka lebih banyak memilih memasak makanannya sendiri dari bahan-bahan segar dan organik.

Dilansir dari Total Croatia News, salah satu pemandu wisata bernama Tash Pericic, menuturkan lebih sering berbelanja di pasar lokal. "Aku makan lebih banyak buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan. Aku pun takjub dengan orang-orang yang terlihat bahagia dan tampak bugar," tuturnya.

Hal serupa juga dilakukan warga Prancis. Mereka juga menyukai berbelanja di pasar lokal. Bahkan, menurut WHO harapan hidup orang Prancis lebih tinggi dari Kroasia. Tercatat pria pada usia 80 tahun dan wanita pada usia 86 tahun.

Tak hanya itu, tingkat obesitas di Prancis hanya 15,3 persen. Meskipun negera ini terkenal dengan kulinernya yang sangat beragam. Tapi rupanya warga Prancis lebih memilih membiasakan makan makanan sehat.

Kebiasaan hidup sehat itu tidak terjadi begitu saja. Sejak usia muda telah diajarkan untuk makan dengan porsi secukupnya dan jarang ngemil. Mereka juga tidak berlebihan dalam mengonsumsi alkohol dan kefein.

Perihal olahraga, warga Prancis lebih memilih berjalan kaki sesering mungkin. Daripada harus pergi ke tempat gym atau olahraga berat lainnya.

Dilaporkan dari situs American Association of Retired Persons (AARP), rata-rata warga Prancis berjalan lebih banyak dibandingkan warga Amerika. Mereka yakin dengan jalan kaki memberikan manfaat bagi kesehatan kardiovaskular (sakit jantung), juga tidak merusak sendi-sendi tubuh.

Itulah sedikit fakta gaya hidup sehat dari warga Prancis dan Kroasia yang patut kita contoh. Jadi wajar kan kalau Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018?

Berita Terkait

Berita Terkini