Info

Enam Alasan Mengapa Kencing Berbau Menyengat

Tak jarang kencing memiliki bau yang kurang sedap. Berikut beberapa alasan kencing memiliki aroma menyengat.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/Medibank
Ilustrasi/Medibank

Himedik.com - Bagi kamu pecinta petai, mungkin sering mencium aroma tak sedap saat kencing jika kerap memakan makanan ini.

Kencing yang berbau bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya dari makanan yang kamu makan.

Gaya hidup tak sehat juga bisa memengaruhi aroma dan warna dari urin.

Nah, selain petai, ada juga nih beberapa faktor lain yang bisa bikin kencingmu memiliki aroma yang tak sedap. Yuk, simak ulasannya.

1. Dehidrasi

Air/pexels
Air/pexels

Penyebab nomor satu di sini adalah kamu kurang minum air. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, urin memiliki bau yang kuat dan warna yang kurang cerah.

Sherry Ross, MD, seorang ob-gyn di Providence St John's Health Center di Santa Monica, mengatakan ini adalah cara tubuh memberitahukanmu untuk rehidrasi.

2. Makanan

Bawang putih/pexels
Bawang putih/pexels

Makanan menjadi faktor utama kencing memiliki aroma tak sedap. Menurut British Medical Journal, makanan tertentu seperti kubis Brussel, bawang, beberapa bumbu, kari, salmon, alkohol, dan bahkan kopi dapat memengaruhi aroma kencing.

Diet tinggi garam juga bisa membuat urin terkonsentrasi, memberikan aroma yang lebih kuat dari biasanya.

3. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih/HealthInfi
Infeksi saluran kemih/HealthInfi

Menurut Ross, alasan medis yang paling umum untuk bau kencing pada wanita adalah infeksi saluran kemih.

Bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, selain bisa bikin urin terlihat keruh bahkan berdarah juga bisa memberi sensasi terbakar. Selain itu juga bisa bikin sensasi ingin kencing tapi ujung-ujungnya tak ada kencing yang keluar.

4. Diabetes

Diabetes/pexels
Diabetes/pexels

Muhammad Shamim Khan, M.D., seorang ahli urologi di Guy's and St Thomas 'Hospital, mengatakan diabetes akan membuat kamu lebih sering ke kamar mandi.

Kencing akan memiliki aroma seperti buah karena adanya gula berlebih yang dibuang dari ginjal.

5. Adanya infeksi jamur

Ilustrasi/Loop PNG
Ilustrasi/Loop PNG

Infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab aroma kencing yang tak sedap. Ketidakseimbangan bakteri di dalam Miss V bisa membuat kencing yang dikeluarkan memiliki bau yang menyengat.

6. Suplemen

Vitamin/pexels
Vitamin/pexels

Beberapa suplemen, vitamin dan obat-obatan dapat menyebabkan perubahan pada bau urin, kata Ross. Ini sebenarnya tak membahayakan namun jika kamu sama sekali tak mengonsumsi suplemen atau vitamin namun ada aroma pada kencing, maka sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter.

Nah, sudah tahu kan beberapa penyebab adanya aroma tak sedap pada kencing? Jika urin memiliki warna atau bahkan berdarah, segera langsung ke dokter ya.

Berita Terkait

Berita Terkini