Info

Jangan Buang Biji Labu, Ini Manfaat yang Tak Pernah Kamu Tahu

Jangan pernah buang biji labu mulai sekarang. Ini manfaat yang tak kamu tahu!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Biji labu/unsplash
Biji labu/unsplash

Himedik.com - Biji labu merupakan biji-bijian dari jenis tanaman Cucurbita. Biji labu biasanya berbentuk oval dan datar dengan sederet kandungan di dalamnya.

Sayangnya, mungkin banyak yang belum tahu manfaat dari biji labu sehingga tak heran masih ada yang tak memanfaatkan biji labu.

Penasaran apa saja manfaatnya? Tenang, kali ini Himedik sudah berhasil mendapatkan beberapa kandungan dalam biji labu, dilansir dari laman healthline.

Biji labu merupakan sumber fosfor, lemak tak jenuh dan lemak omega-6 yang sangat baik untuk tubuh.

Satu ons biji labu (28 gram) mengandung kalori (151), serat (1,7gr), protein (7gr), lemak tak jenuh tunggal (4gr) dan lemak omega-6 (6 gr).

Sup labu/unsplash
Sup labu/unsplash

Bukan hanya itu, ada juga mangan (42%), magnesium (37%) dan fosfor (33%).

Kaget kan dengan begitu banyak kandungan baik yang ada dalam biji labu?

Tidak berhenti di situ lho. Senyawa fitosterol juga ditemukan dalam biji labu. Senyawa ini merupakan senyawa tanaman yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah.

Nah, sekarang kamu pasti bertanya-tanya apa manfaat dari biji labu ini. Selain untuk menurunkan kolesterol darah, satu manfaat dari biji buah labu juga tak kalah penting.

Berdasarkan sebuah penelitian yang melibatkan 8000 orang , mereka yang memiliki asupan biji labu yang cukup mempunyai risiko kanker payudara yang jauh lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Kamu disarankan agar jangan pernah membuang biji labu ketika masak dan sering-seringlah konsumsi labu beserta bijinya ya.

Saat ini sudah banyak kan aneka masakan atau minuman yang bisa dibuat dari buah ini?

 

Berita Terkait

Berita Terkini