Info

Kamu Menderita Insomnia? 7 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyak

Insomnia bisa dikalahkan. Tujuh tips ini bisa jadi solusi buat kamu untuk kalahkan insom. Mau kan tidurmu lebih nyenyak?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Insomnia/unsplash
Insomnia/unsplash

Himedik.com - Insomnia bukan merupakan sebuah penyakit melainkan kondisi saat kamu kesulitan untuk tidur. Kondisi saat kamu tak bisa tidur nyenyak juga masuk dalam kategori insomnia. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menjadi kronis yang lama kelamaan akan mengganggu psikis.

Masih banyak orang yang menggunakan sejenis obat tidur untuk dapat berisitirahat. Padahal itu bisa saja mengancam jiwa jika tindakan tersebut dilakukan berulang kali.

Sebenarnya, banyak cara lho yang bisa kamu pilih untuk menghindari penggunaan obat. Cara-cara ini tentunya bisa membantumu untuk bisa tidur dengan nyenyak. Kali ini Himedik sudah merangkum tujuh cara untuk mengalahkan insomnia, dilansir dari webmd.

1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari

Waktu tidur yang tak menentu membuatmu bangun pada jam yang juga tak menentu. Untuk kamu yang menderita insomnia, coba dari sekarang untuk bangun pada waktu yang sama. Lakukan ini secara konsisten setiap hari. Ini bisa melatih tubuh untuk peka terhadap jam 'lelahnya' sehingga tubuh tahu kapan waktu untuk beristirahat.

2. Jauhkan alkohol, kopi, dan nikotin

Alkohol/pexels
Alkohol/pexels

Seperti yang kamu tahu, kafein bisa bikin kamu tak tidur bahkan bisa berjam-jam. Kafein bukan hanya bikin kamu kesulitan tidur tapi juga sering terbangun. Di sisi lain, alkohol punya efek sedatif dan juga bisa bikin tidurmu tak nyenyak. Obat-obatan seperti inhaler asma juga punya pengaruh pada waktu tidurmu. Tanyakan pada dokter kapan waktu yang tepat untuk menggunakan ini ya.

3. Batasi jam tidur siang

Ingat, penting buatmu untuk melatih pola tidur yang teratur. Tidur siang bukan satu-satunya cara untuk membalas waktu tidur yang kurang di malam hari. Waktu tidur yang lama di siang hari ternyata juga berefek untuk kualitas tidurmu di malam hari.

4. Olahraga teratur

ilustrasi olahraga dengan bola pilates. (Shutterstock)
ilustrasi olahraga dengan bola pilates. (Shutterstock)

Ini memang simpel tapi ini adalah salah satu cara untuk bisa bikin kamu tidur nyenyak. Setelah olahraga pasti tubuhmu memberi sinyal untuk beristirahat. Nah, ini bisa meningkatkan kualitas serta durasi tidur lho. Cobalah untuk setidaknya berolahraga 3 jam saat sore hari ya.

5. Tempat tidur adalah tempat untuk tidur

Jangan pernah lakukan apapun selain untuk tidur. Jauhkan gadget atau buku dari area ini. Kamu juga tak diperbolehkan mendengarkan radio atau lagu saat tidur meski itu adalah lagu pengantar tidur. Musik yang diputar secara tak langsung membuat otak untuk tetap 'hidup' sehingga ini bisa membuat kamu tak nyenyak.

6. Jangan makan atau minum tepat sebelum tidur

Makan sebelum tidur/Healing Lifestyles & Spas
Makan sebelum tidur/Healing Lifestyles & Spas

Makan malam yang larut atau ngemil sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat kamu terjaga. Jika kamu menderita maag, hindari makan dan minum karena ini bisa memperburuk kondisimu. Selain itu, minum banyak air sebelum tidur dapat mengganggumu karena kamu pasti akan sering ke toilet.

7. Buat lingkungan tidurmu nyaman

Suhu, pencahayaan dan kebisingan bisa berefek pada kualitas tidurmu. Buat suasana kamar menjadi kondusif dan jika kamu ada hewan peliharaan, sebaiknya jauhkan dari area kamar karena ini bisa saja mengganggu waktu tidurmu.

Gimana, gampang kan tips atasi insomnia? Semoga kamu bisa tidur dengan nyenyak ya malam ini.

Berita Terkait

Berita Terkini