Info

Punya Masalah Bibir Gelap? Tak Perlu Repot, Kamu Cuma Butuh Ini

Usir bibir gelap dengan bahan ini. Dijamin bisa bikin cerah dalam waktu cepat.

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Bibir gelap/unsplash
Bibir gelap/unsplash

Himedik.com - Bibir gelap menjadi masalah bagi sebagian wanita. Masalah ini kadang membuat mereka tak percaya diri.

Bibir gelap bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti merokok, alergi, konsumsi kafein yang berlebihan atau ketidakseimbangan hormon. Nah, saat ini ada banyak alternatif untuk mencerahkan bibir.

Daripada kamu membeli berbagai krim atau pelembap bibir yang mungkin berbahaya, lebih baik pakai bahan alami ini saja. Dari boldsky, HiMedik menemuka 5 cara untuk mencerahkan bibir yang gelap.

1. Lemon + gula

Scrub gula adalah bahan paling ampuh untuk mencerahkan bibir. Scrub ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan lemon bersifat sebagai pemutih dan exfoliator.

Caranya mudah, iris lemon secara tipis kemudian celupkan ke dalam gula. Gosok irisan ini dengan lembut ke seluruh bibir. Lakukan selama 3 sampai 5 menit per hari.

Ulangi setiap hari untuk melihat perbedaan. Atau kamu bisa menggunakan air perasan lemon untuk memijat bibir. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur ya.

2. Madu

madu/unsplash
madu/unsplash

Madu bisa bantu mengembalikan warna bibir ke warna aslinya. Caranya, ambil madu organik dan gosok lembut pada bibir. Biarkan hingga benar-benar kering. Bila perlu biarkan semalam ya. Untuk hasil terbaik, gunakan setidaknya 3 kali seminggu.

3. Kunyit

Kunyit bisa menyeimbangkan produksi melanin. Bumbu dapur ini adalah sumber anti inflamasi yang bisa menyembuhkan luka bakar atau masalah kulit lainnya. Campuran kunyit, jus tomat dan jus lemon bisa mencerahkan bibir.

Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok jus tomat dan 1/2 sdm kunyit dan jus lemon. Oles pada bibir dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin. Ulangi 3 kali seminggu.

4. Jus kentang

Kentang/unsplash
Kentang/unsplash

Jus kentang adalah obat alami yang bagus untuk pigmentasi dan mengusir lingkaran hitam pada mata. Sarat dengan vitamin A, B, dan C yang membantu mencerahkan bintik-bintik gelap.

Ambil jus kentang segar dan celupkan bola kapas sekitar 1 sdm pada jus ini. Oleskan pada bibir dan biarkan semalam. Cuci bersih keesokan paginya. Ulangi ini setidaknya tiga kali seminggu.

5. Kulit jeruk + dadih

Kulit jeruk adalah bahan umum masker pencerah kulit dan membantu memutihkan kulit secara alami. Sementara itu, asam laktat yang ada di dadih bisa bertindak sebagai exfoliator.

Caranya, blender kulit jeruk yang segar atau kering dan tambahkan 1 sdm dadih ke dalamnya sehingga membuat pasta. Oles pada bibir dan biarkan setengah jam. Kemudian bilas dengan air.

Nah, nggak susah kan mencerahkan bibir yang gelap?

Berita Terkait

Berita Terkini