Info

Banyak Manfaat, Daun Jambu Biji Juga Bisa Obati Kanker Lambung

Kanker lambung bisa diobati dengan mengonsumsi teh daun jambu biji. Lihat manfaat lainnya yuk.

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Daun jambu biji/NDTV Food
Daun jambu biji/NDTV Food

Himedik.com - Jambu biji atau yang biasa disebut jambu batu merupakan buah yang paling disarankan ketika seseorang menderita demam berdarah. Buah ini awalnya berasal dari Brasil kemudian masuk ke Indonesia melalui Thailand.

Bukan hanya buah, namun daun jambu biji juga memiliki banyak manfaat. Nah, kali ini HiMedik ingin membahas manfaat apa saja yang terkandung dalam daun jambu biji ini.

Dilansir medicaldaily, HiMedik menemukan 6 manfaat daun jambu biji.

1. Kolesterol tinggi

Kamu memiliki tingkat kolesterol di atas rata-rata? Sebaiknya konsumsi daun jambu biji. Daun ini bisa mengobati tanpa harus kamu khawatir akan efek sampingnya. Cukup ambil 5 sampai 6 daun ini, rebus lalu minum tanpa dikasih gula.

Kolesterol tinggi
Kolesterol tinggi

2. Diare

Diare/GetRidofThings.com
Diare/GetRidofThings.com

Manfaat daun jambu biji untuk mengobati diare sepertinya sudah tak menjadi rahasia lagi. Sejak dulu, daun jambu biji selain untuk mengobati seseorang yang menderita DBD, juga bisa mengobati diare. Kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun jambu untuk dijadikan teh.

3. Kanker lambung

Kanker lambung/iJandKac
Kanker lambung/iJandKac

Ekstrak daun jambu biji sangat ampuh untuk mengobati penyakit kanker lambung. Sifat anti kanker dan anti tumornya berasal dari senyawa seperti lycopene, quercetin, dan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir kerusakan radikal bebas di tubuh.

4. Kanker prostat dan kanker payudara

Kanker prostat/Plant Smart Living
Kanker prostat/Plant Smart Living

Daun jambu biji yang mengandung lycopene sangat penting untuk melawan kanker, seperti kanker payudara dan prostat.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 dan dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research menjelaskan daun jambu biji membantu menghambat produksi androgen - hormon laki-laki yang bertanggung jawab atas pertumbuhan sel pada beberapa jenis kanker prostat.

5. Diabetes

Diabetes/pexels
Diabetes/pexels

Selain empat penyakit di atas, daun jambu biji juga bisa menyembuhkan seseorang yang menderita diabetes, khususnya DM tipe 2. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nutrition and Metabolism.

6. Obesitas

Obesitas/pexels
Obesitas/pexels

Kaya akan serat membuat daun jambu biji bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ekstrak daun jambu biji bisa membantu menghilangkan lemak tubuh. Rebus beberapa daun kemudian minum selagi hangat.

Kamu bisa memulai mengonsumsi daun jambu biji untuk bisa mendapatkan beberapa manfaatnya di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini