Info

Ternyata Bangun Pagi Bermanfaat untuk Kesehatan

Bangun pagi dan menghirup udara segar memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasannya!

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi bangun pagi. (pinterest)
Ilustrasi bangun pagi. (pinterest)

Himedik.com - Bagi sebagian orang, bangun pagi adalah kegiatan yang cukup sulit dilakukan. Namun, bagi para pekerja kantoran bangun pagi adalah rutinitas yang harus dilakukan. Entah karena harus mengejar jadwal kereta dan busa, atau pun untuk menghindari macet jika berangkat terlalu siang.

Tapi jangan karena soal itu kamu bangun lebih pagi. Bisa jadi jika jam kantor libur kamu akan bangun lebih siang. Jika kamu salah satunya, sedari sekarang mulailah membiasakan bangun pagi dan pergi jalan-jalan untuk menghirup udara segar.

Tidak banyak yang menyadari bahwa hal sederhana ini, seperti menghirup udara segar memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Seberanya bangun pagi itu jam berapa sih?

Banyak di antara kita yang masih salah persepsi tentang bangun pagi. Ada yang mengira bangun di atas jam 8. Padahal yang dimaksud bangun pagi itu antara pukul 4.30 sampai 6.00.

Saat bangun pagi sebenarnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk kesehatan tubuh. Dan udara yang masih sejuk dan segar bisa membuat kamu lebih bersemangat untuk memulai aktivitas.

2. Bisa buat orang lebih sukses

Ternyata bangun pagi bisa buat orang lebih sukses. (shutterstock)
Ternyata bangun pagi bisa buat orang lebih sukses. (shutterstock)

Pada tahun 2008, Universitas Texas meneliti bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai tinggi pada GPA atau IPK dibanding dengan mahasiswa yang sering begadang dan jarang bangun pagi.

3. Tubuh jadi lebih sehat dan bugar

Dengan bangun pagi akan lebih bersemangat untuk olahraga. Tentu, beraktivitas di pagi hari sangat baik untuk tubuh karena udara yang dihirup masih segar sehingga tubuh lebih sehat dan bugas.

4. Membuat pikiran lebih positif dan sehat

Orang yang suka bangun pagi memiliki pemikiran yang positif dan bermental baja. Sedangkan orang yang suku bangun siang cenderung berpikiran negatif dan pesimis untuk memulai aktivitas.

Memang tak semua orang bisa bangun pagi. Mungkin karena alasan pekerjaan yang menuntut hingga larut malam, sehingga bangun pagi pun sulit. Akan tetapi, jika ingin merasakan manfaat bangun pagi setidaknya cobalah tidur tak terlalu larut dan rasakan segarnya bangun pagi.

5. Lebih produktif

Bangun pagi bisa buat orang lebih produktif. (shutterstock)
Bangun pagi bisa buat orang lebih produktif. (shutterstock)

Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif dalam bekerja. Sebab dengan bangun pagi memiliki waktu lebih untuk menyiapkan pekerjaan. Mereka jadi memiliki waktu yang baik untuk berkonsentrasi.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg, Jerman menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

6. Bangun pagi buat orang lebih bahagia

Yang dimaksud bahagia adalah suasana hati seseorang untuk menjalankan aktivitas seharian. Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena lebih sering bangun pagi.

Sedangkan anak muda sering bekerja atau bermain hingga larut malam, sehingga bangun pagi pun jarang dilakukan. Hal ini membuat suasana hati cenderung kurang bahagia.

Itulah beberapa manfaat bangun pagi. Yakin, masih mau bangun siang terus?

Berita Terkait

Berita Terkini