Info

Atasi Mata Lelah Karena Komputer dengan Olahraga Mata

Duduk depan komputer dalam waktu lama bisa bikin mata lelah. Atasi dengan olahraga mata ini yuk!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Duduk depan komputer dalam waktu lama bisa bikin mata lelah/unsplash
Duduk depan komputer dalam waktu lama bisa bikin mata lelah/unsplash

Himedik.com - Menjadi jurnalis online adalah salah satu contoh pekerjaan yang menuntutmu untuk duduk depan komputer dalam waktu yang cukup lama. Aktivitas semacam ini jika tak diselingi dengan kegiatan lain maka akan membuat mata merasa lelah.

Bukan hanya itu, mata yang lelah juga bisa membuatmu pusing yang nantinya bisa berefek ke pekerjaanmu. Nah, untuk mengatasi masalah mata lelah, kamu bisa coba olahraga mata yang telah HiMedik siapkan untukmu.

Olahraga ini bisa bantu mata agar tak mudah lelah serta bantu kamu lebih fokus pada pekerjaanmu. Dilansir rebuildyourvision, yuk lihat seperti apa olahraga mata ini.

1. Memutar bola mata

Luangkan waktu sekitar 2 detik untuk memutar bola matamu. Putar ke kiri 4 kali dan kemudian ke kanan 4 kali. Lakukan ini 2 sampai 3 kali dengan jeda di antara setiap gerakan.

2. Melirik

Jaga agar matamu tetap tertutup selama melirik. Tutup mata dan lirik ke kiri selama 3 detik kemudian ke kanan selama 3 detik. Ini bisa membuat matamu semakin nyaman ketika berhadapan dengan komputer.

Mata lelah/unsplash
Mata lelah/unsplash

3. Berkedip

Kurang berkedip bisa membuat matamu kering dan perih. Tutup matamu selama 3 detik dan kemudian buka. Ulangi sebanyak 8 kali.

4. Fokus pada sebuah objek jauh

Karena mata lelah, kamu butuh untuk memfokuskan pandanganmu ke sebuah titik yang jauh. Pandangi titik itu sekitar 5 detik kemudian kedip. Ulangi sebanyak 5 kali.

5. Pemindaian visual

Setelah berjam-jam menatap layar komputer, bantu matamu menyesuaikan antara benda-benda yang dekat dan jauh. Temukan benda di salah satu ujung ruangan. Misalnya, mulai dengan menatap galon kemudian beralih ke AC. Lakukan secara berulang.

Tak sulit kan? Lakukan ini disaat matamu merasa lelah ya. Kamu juga bisa selingi dengan sesekali berdiri misalnya ke rest room atau offline room. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini