Info

Kunyit Bantu Hilangkan Jerawat, Begini Cara Pemakaian yang Benar

Jangan salah pakai kunyit untuk menghilangkan jerawat, begini cara yang benar.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Masker kunyit/DLT BEAUTY
Masker kunyit/DLT BEAUTY

Himedik.com - Jerawat menjadi masalah hampir pada semua kalangan usia. Masalah ini diatasi oleh beragam cara, mulai dari yang sederhana sampai yang paling rumit. Bahkan, jika sudah mencapai tingkat keparahan, tindakan operasi bisa menjadi opsinya.

Cara-cara konvensioanl seperti menggunakan bahan alami sebenarnya bisa mendapatkan hasil sesuai harapanmu jika kamu telaten menggunakannya. Pada dasarnya, bahan alami juga memiliki khasiat seperti krim atau cara-cara modern yang saat ini sudah menjamur.

Satu contoh cara tradisional yang bisa kamu coba untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit ini bisa kamu pakai jika tingkat keparahan jerawat masih dalam kategori ringan.

Namun, jika sudah parah, kamu sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter ya. HiMedik sudah merangkum cara penggunaan kunyit yang benar untuk menghilangkan jerawat jika masih dalam kondisi ringan, dilansir turmericforhealth.

1. Masker wajah organik dengan kunyit

Ambil ½ sendok teh bubuk cendana dan ¼ sendok teh bubuk kunyit. Campurkan kedua serbuk ini dengan 2 sdm dadih sampai kamu mendapatkan pasta yang halus. Gosok perlahan dan tunggu selama 20 menit dan cuci ini dengan air hangat.

Kunyit/unsplash
Kunyit/unsplash

2. Masker kunyit dan oatmeal

Oatmeal adalah exfoliator yang bagus. Campurkan 1 sdm oatmeal dan bubuk lentil dan ½ sendok teh bubuk kunyit. Campur ini di air tawar, buat pasta halus dan oleskan pada kulit. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan.

Biasanya kunyit akan meninggalkan bekas kuning pada kulit sehingga kamu bisa membersihkannya menggunakan air campuran gula.

Masker kunyit/The Health Avengers
Masker kunyit/The Health Avengers

3. Resep dasar kunyit untuk jerawat

Ambil 4 sdm makan bubuk kunyit dan tambahkan 1 sdm susu dan 4 sdm madu mentah. Aduk campuran ini sehingga menjadi pasta dan kemudian simpan di kulkas. Setelah dingin, aplikasikan di wajah.

4. Kunyit dan yoghurt

Untuk masker jerawat, ambil 2 sdt yoghurt dan gabungkan ini dengan ½ sdt bubuk kunyit dan beberapa tetes madu. Yoghurt yang kaya akan asam laktat berperan sebagai exfoliator yang lembut. Oleskan masker ini di wajah selama ½ jam dan bilas setelahnya.

Nah, seperti itu cara pemakaian kunyit yang benar untuk menghilangkan jerawat. Selamat mencoba ya!

Berita Terkait

Berita Terkini