Info

Ingin Beralih ke Vegan? Perhatikan Enam Hal Ini Dulu ya!

Sudah yakin ingin beralih ke vegan? Perhatikan enam hal ini dulu ya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Vegetarian/unsplash
Vegetarian/unsplash

Himedik.com - Keputusan untuk beralih ke vegan bukan merupakan hal yang mudah. Pilihan ini menjadi opsi yang cukup berat karena tubuh pasti membutuhkan penyesuaian, entah itu dalam ukuran jumlah maupun rasa.

Jika kamu memang berniat ingin beralih ke gaya hidup vegan, ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan. Dilansir menshealth, HiMedik punya enam poin yang harus cermati sebelum beralih sebagai seorang vegetarian.

1. Pikir ulang tentang sumber proteinmu

"Tapi bagaimana saya bisa mendapatkan cukup protein?" Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang mungkin timbul dalam pikiranmu. Jadi jika kamu beralih ke pola makan vegan, kamu mungkin perlu makan lebih banyak makanan nabati daripada jika kamu hanya makan daging saja, tergantung pada sumber protein tanaman pilihanmu.

2. Melupakan beberapa nutrisi tertentu

Ketika beralih ke vegan, kamu mungkin kekurangan zat besi, kalsium, vitamin D dan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of the American Osteopathic Association yang disusun oleh Mayo Clinic.

Vegetarian/unsplash
Vegetarian/unsplash

3. Tubuh tak menerima cukup gizi

Masalah yang sering timbul saat orang beralih ke pola makan vegan adalah mereka sering hanya fokus pada apa yang harus dikeluarkan dari makanan mereka, tapi lupa mengganti pilihan itu dengan alternatif yang punya gizi sama.

4. Berat badanmu mungkin tak turun

Dengan mengurangi protein seperti daging tanpa lemak, susu dan telur, kamu berisiko mengonsumsi karbohidrat berlebihan. Ini dapat dengan cepat mengumpulkan kalori dan menyebabkan penambahan berat badan jika kamu tak berhati-hati dengan jenis karbohidrat yang kamu makan.

Vegetarian/unsplash
Vegetarian/unsplash

5. Adanya gas berlebih dalam tubuh

Jika kamu mengonsumsi banyak sayuran dan biji-bjian maka kamu juga berisiko mendapatkan banyak gas dalam tubuhmu. Ini karena usus halus tak sepenuhnya mencerna berbagai bahan makanan tersebut.

6. Menjadi vegan tak selamanya membutuhkan banyak uang

Makanan berbasis tanaman, terutama protein seperti kacang dapat jauh lebih murah daripada sumber protein hewani. Itu tadi beberapa poin yang perlu kamu perhatikan jika ingin beralih ke vegan.

Jadi, apa keputusanmu?

Berita Terkait

Berita Terkini