Info

Ini Enam Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Sarapan di pagi hari tak sekedar kenyang, tapi juga harus bergizi.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi. (shutterstock)
Ilustrasi. (shutterstock)

Himedik.com - Sebelum beraktivitas di pagi hari seyogyanya didahului dengan sarapan. Namun, jangan asal memilih menu makanan. Jika salah pilih bisa-bisa sakit perut, bukannya kenyang.

Asal tahu saja, sarapan di pagi hari tak sekedar kenyang. Tapi juga harus bergizi, sehingga tubuh memiliki energi untuk beraktivitas.

Dilansir dari Boldsky, berikut enam makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan.

1. Sandwich kemasan

Ilustrasi. (shutterstock)
Ilustrasi. (shutterstock)

Menjamurnya coffee shop dan supermarket yang menjual sandwich kemasan, semakin memudahkan seseorang untuk memilih menu sarapan yang praktis. Isinya pun menggoda, ada smoked beef, sayuran, dan keju, yang nampak menyehatkan.

Namun, para pakar kesehatan mengungkapkan rerata sandwich kemasan tinggi sodium, bahan pengawut, dan lemak jahat. Apalagi jika memilih daging olahan seperti bacon dan sosis dalam jumlah banyak.

2. Pancake dan waffle

Ilustrasi. (iStock)
Ilustrasi. (iStock)

Menu makanan ini sangat menggoda untuk dijadikan sarapan, karena rasanya yang manis dan empuk. Banyak orang yang merasa ketagihan dengan makanan ini. Namun, jika makanan ini ditambahkan topping semisal sirup dan selai buah, perlu diwaspadai. Sebab topping tambahan itu mengandung banyak glukosa buatan. Bahan makanan ini bisa memicu diabetes tipe 2.

3. Pastry

Ilustrasi. (tastemade.co.uk)
Ilustrasi. (tastemade.co.uk)

Menu makanan yang tak kalah menggiurkan adalah aneka pastry, seperti croissant dan donat. Perihal rasa tak perlu diragukan lagi. Banyak kalangan yang suka dengan jenis makanan ini karena rasanya yang manis dan empuk.

Namun, menu ini kurang bagus untuk sarapan lantaran kandungan serat dan proteinnya sedikiti. Dan biasanya pastry mengandung kalori dan gula yang tinggi. Sebagai alternatif bisa pilih menu sajian telur yang diikuti dengan makan buah serta sayur.

4. Smoothies kemasan

Ilustrasi. (shutterstock)
Ilustrasi. (shutterstock)

Smoothies kemasan juga kurang bernutrisi untuk sarapan. Sebab umumnya makanan ini ditambahkan banyak gula buatan. Serta rasa manisnya bukan dari buah asli. Smoothies juga mungkin ditambahkan susu penuh lemak, es, dan krim yang membuatnya jadi lebih mirip milkshake ketimbang smoothies. Agar lebih sehat, sebaiknya buat sendiri smoothies sayur atau buah dengan greek yogurt.

5. Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak dengan tambahan banyak buah terdengar menyehatkan untuk menu sarapan. Faktanya menu praktis ini dipenuhi gula sederhana yang mudah dibakar tubuh untuk hasilkan energi. Namun, yogurt kurang mengandung lemak sehingga cepat timbulkan rasa lapar. Pakar kesehatan merekomendasikan pilih greek yogurt dengan topping buah berry. Tambahkan serat juga dari pemakaian oat atau kacang-kacangan.

6. Sereal kemasan

Ilustrasi. (polygon.com)
Ilustrasi. (polygon.com)

Banyak orang berpikir sereal kemasan adalah menu bergizi untuk sarapan. Faktanya meski sereal kemasan dilabeli 'whole grains' atau gandum utuh, kebanyakan diproses tinggi dan hanya mengandung sedikit gandum utuh. Tambahannya adalah gandum olahan dan gula tambahan. Sereal kemasan juga tinggi karbohidrat dan rendah serat sehingga cepat memunculkan rasa lapar.

Berita Terkait

Berita Terkini