Info

Ini Lima Manfaat Sarapan yang Wajib Diketahui

Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan berbagai alasan, padahal banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi. (shutterstock)
Ilustrasi. (shutterstock)

Himedik.com - Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan alasan terburu-buru pergi ke kantor, takut telat masuk sekolah, dan sebagainya. Padahal, sarapan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya sebagai sumber energi untuk memulai aktivitas.

Saking pentingnya, tak heran jika orangtua selalu cerewet menyuruh anaknya sarapan. Sarapan yang dilakukan rutin oleh anak-anak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, menjaga berat badan yang sehat, dan berkonsentrasi lebih baik. Hal tersebut sama baiknya jika dilakukan orang dewasa.

Dikutip dari alodokter, berikut berbagai macam manfaat dari rajin sarapan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan sarapan, tubuh tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Ketika melewatkan sarapan pagi, maka akan lebih mudah untuk tergoda mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori namun tidak mengenyangkan.

2. Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tidak sarapan membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C, dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.

3. Meningkatkan mood

Jika hari ini merasa lebih mudah kesal atau marah, coba cek apakah sudah sarapan atau belum? Jika belum, bisa jadi ini disebabkan karena perut lapar. Agar ini tidak terjadi, biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari dapat diatasi.

4. Lebih fokus

Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor atau sekolah, karena perut sudah diisi. Jika tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikir bisa menurun.

5. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada orang sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.

Manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan pagi tak hanya itu saja. Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari.

 

Setelah mengetahui banyaknya manfaat sarapan pagi yang bisa didapatkan, segera hindari melewatkan pagi tanpa mengonsumsi makanan bergizi. Percayalah, hari akan lebih baik jika membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari.

Jika masih bingung menentukan menu sarapan yang baik dan sesuai dengan kondisi tubuh, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gizi.

Berita Terkait

Berita Terkini