Info

Suka Bersepeda? 4 Manfaat Bisa Kamu Dapat Jika Rajin Bersepeda

Kapan mau bersepeda?

Rendy Adrikni Sadikin | Yuliana Sere

Bersepeda/unsplash
Bersepeda/unsplash

Himedik.com - Kamu suka naik sepeda ke sekolah atau kantor? Bersyukurlah, karena kamu bisa memperoleh 4 manfaat bersepeda ini. Tanpa kamu sadari, kamu akan merasa lebih bahagia ketika bersepeda ke kantor daripada mereka yang mengemudi atau menggunakan transportasi umum.

Bersepeda baik di dalam atau di luar ruangan dapat memberikan manfaat bagi semua kalangan usia. Seperti kebanyakan olahraga, bersepeda dapat mencegahmu dari obesitas, penyakit jantung, diabetes atau bad mood.

Dari medicaldaily, HiMedik sudah merangkum empat manfaat bersepeda jika kamu lakukan secara teratur.

1. Membangun otot dan tulang

Saat bersepeda, entah itu di jalan yang rata atau menanjak, aktivitas ini menggunakan otot di bahu, bokong serta paha. Tak hanya itu, otot belakang paha dan pinggul juga digunakan.

Aktivasi beberapa otot juga bisa membantu membangun tulang yang sehat dan mencegah tulang keropos. "Aktivitas seperti mendorong pedal bisa meningkatkan kepadatan tulang", ungkap Dr. Clare Safran-Norton, ahli terapi fisik di Brigham and Women's Hospital, Boston.

2. Memberikan dorongan kekuatan pada otak

Dr. Art Kramer dari University of Illinois, bersepeda selain membawa efek positif terhadap penyakit kardiovaskular dan diabetes, ia juga bisa memperbaiki fungsi kognisi, otak dan struktur otak.

Menurut sebuah studi tahun 2012 yang dipimpinnya, bersepeda secara teratur dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan pemecahan masalah pada orang tua hingga 15 hingga 20 persen.

Bersepeda/unsplash
Bersepeda/unsplash

3. Latihan untuk penderita radang sendi

Orang-orang yang menderita masalah keseimbangan dapat memperoleh manfaat dari bersepeda dalam ruangan. Ini juga berlaku untuk seseorang yang menderita radang sendi tanpa memperparah kondisi mereka.

Menurut ahli terapi fisik Matthew Goodemote dari Komunitas Terapi Fisik & Kebugaran, New York, seseorang yang menderita osteoarthritis atau rheumatoid arthritis sering mengalami masalah keseimbangan sehingga mereka sering melakukan aktivitas bersepeda dalam ruangan.

Manfaat lain dari bersepeda dalam ruangan adalah kemudahan rutinitas yang tak dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti cuaca atau lalu lintas yang mengganggu.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Bersepeda tentu lebih menghemat waktu dibandingkan berjalan kaki. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bersepeda membuat seseorang lebih bahagia dibandingkan dengan mengemudi atau naik transportasi umum.

"Bagi saya, bersepeda menenangkan kegelisahan saya," kata Kym Perfetto, seorang pelatih selebriti dan instruktur utama di SoulCycle. "Saya merasa selaras dengan tubuh dan lingkungan saya.

Tetapi saya juga bersepeda untuk olahraga, yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan suasana hati, karena kardio meningkatkan serotonin dalam tubuh", ungkapnya.

Nah, sudah tahu kan sekarang manfaat bersepeda?

Berita Terkait

Berita Terkini