Info

Enam Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Hindari Makanan Favoritmu

Mau kan makan makanan favorit tanpa takut berat badan naik? Ini tips dan triknya!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Makan/unsplash
Makan/unsplash

Himedik.com - Kamu yang ingin turunkan berat badan pasti membatasi porsi makanmu, kan? Demi mendapatkan berat badan ideal, pasti apa pun akan kamu lakukan terutama soal makan.

Ini memang cukup sulit apalagi ketika makanan kesukaanmu ada di depan mata, lalu kamu hanya bisa mencicipinya sedikit atau yang lebih parahnya lagi kamu hanya bisa melihatnya sambil menelan air liur. Sejujurnya ini memang berat, bahkan lebih berat dari rindu!

Nah, jangan khawatir kamu tak bisa makan makanan favoritmu hanya karena takut berat badanmu naik ya. HiMedik punya tips dan trik agar kamu tetap bisa mengonsumsi makanan yang kamu suka tanpa menaikkan berat badan. Penasaran? Yuk, langsung saja.

1. Ambil gigitan kecil dan kunyah secara perlahan

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa otak memerlukan waktu untuk memproses informasi ketika perut dalam keadaan kenyang dan kamu tak lapar lagi. Oleh karena itu, memperlambat proses mengunyah bisa mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Ini berarti kamu akan makan lebih sedikit tanpa kamu sadari. Mulailah untuk menggigit lebih kecil dan bukan langsung ditelan ya. Cobalah untuk mengunyah setidaknya 10 hingga 20 kali di setiap gigitan.

2. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan/unsplash
Sarapan/unsplash

Pastikan kamu mendapatkan sarapan setiap hari. Makanan saat sarapan misalnya yogurt atau bubur gandum bisa membantu kamu mendapatkan cukup energi untuk memulai kerjaan. Ini juga bisa membantu kamu menghindari rasa lapar yang terlalu cepat.

3. Bergerak

Menurunkan berat badan bukan soal makan melulu lho. Ini juga ada pengaruhnya pada aktivitas yang kamu lakukan di antara waktu makanmu.

Tambahkan beberapa aktivitas ekstra seperti naik turun tangga, berjalan kaki dari parkiran atau bersepeda bisa membantu kamu mendapatkan tubuh impian dalam waktu cepat.

4. "Mengkreasikan" makanan

Kreasikan makananmu/unsplash
Kreasikan makananmu/unsplash

Kalau kamu merasa bosan makan sayur, kamu bisa atur sayuran di piring dalam bentuk yang tak biasa, seperti menghiasnya dalam bentuk bintang, bunga, atau wajah yang tersenyum. Mendekorasi makanan bisa membantu kamu mendapatkan cukup vitamin dan tetap kenyang lebih lama.

5. Nikmati makan malam keluarga

Para ilmuwan menyatakan makan malam bersama seluruh keluarga bersama di meja yang sama dapat menguntungkanmu dalam beberapa cara. Pertama, berbicara bisa membuat kamu makan lebih lama dan lebih sedikit serta bisa membuat cepat kenyang.

Kedua, makanan rumahan tak mengandung jumlah pengawet dan aditif yang sama yang kamu temukan di luar. Terakhir, hubunganmu dengan keluarga makin dekat.

6. Tidur nyenyak

Ilutrasi tidur. (thinkstockphotos)
Ilutrasi tidur. (thinkstockphotos)

Para ilmuwan membuktikan hubungan antara kurang tidur dan penambahan berat badan. Tidur nyenyak bisa membantumu menghindari ngemil larut malam. Orang dewasa biasanya membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur per malam. Selain itu, tubuh yang lelah akan mengalami perubahan hormon yang akan merangsang rasa lapar.

Mulai sekarang jangan takut untuk tak makan makanan favoritmu lagi ya!

Berita Terkait

Berita Terkini