Info

Ayo Bangun Pagi! Ini 6 Alasan Bangun Pagi yang Bermanfaat Buatmu

Bangun pagi ternyata punya banyak manfaat. Ini manfaatnya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Bangun pagi/Indiatimes
Bangun pagi/Indiatimes

Himedik.com - Siapa yang sering bangun pagi di sini? Jika kamu salah satunya, maka bersyukurlah! Banyak orang sukses melakukan rutinitas ini. Bukan hanya efek positif pada produktivitas kerja tapi juga pada seluruh tubuh dan keadaan emosionalmu.

Alasan-alasan bangun pagi di bawah ini telah HiMedik siapkan untuk kamu agar kamu lebih sadar betapa bermanfaatnya bangun pagi. Yuk, langsung disimak saja.

1. Kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Para ilmuwan menemukan orang yang bangun lebih awal mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Mereka yang suka tidur larut malam cenderung memiliki gangguan tidur. Selain itu, tubuh mereka sebenarnya tak cukup tidur bahkan jika mereka berada di tempat tidur lebih lama.

Ilutrasi tidur. (thinkstockphotos)
Ilutrasi tidur. (thinkstockphotos)

2. Kamu tak akan menderita saat bangun tidur.

Lebih baik melatih dirimu untuk bangun di dering pertama jam alarm daripada mengatur ulang jam itu berulang-ulang. 5 kali dalam 5 menit tidak membiarkan kamu tidur lebih lama, ini hanya mengganggu siklus tidur. Pada akhirnya, kamu tak akan merasa segar setelah bangun dan kamu akan terus merasa mengantuk sepanjang hari.

3. Kamu akan mendapatkan bentuk fisik yang bagus.

Ilustrasi bangun tidur. (Foto: iStock)
Ilustrasi bangun tidur. (Foto: iStock)

Kebiasaan mengatur ulang jam alarm tak hanya mengganggu siklus tidurmu tetapi juga memengaruhi metabolisme yang dapat menyebabkan obesitas. Lebih baik kamu bangun awal dan usahakan olahraga kecil di atas tempat tidur.

4. Kamu akan memiliki lebih banyak motivasi untuk melakukan berbagai hal.

Dengan bangun lebih awal, kamu memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap ke kantor, menentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek, dan memahami tugas-tugasmu.

5. Mengingat dengan lebih cepat

Belajar pagi/mavcure
Belajar pagi/mavcure

Orang yang bangun lebih awal menunjukkan hasil yang lebih baik saat belajar. Para ilmuwan menjelaskan bahwa karena kamu bangun lebih awal, maka lebih mudah untukmu untuk pergi ke sekolah atau bekerja tepat waktu.

6. Lebih bahagia

Keadaan psikologis dan kebahagiaan umum seseorang bergantung pada kapan hari mereka dimulai. Menurut penelitian, orang yang bangun pagi memiliki keadaan emosi yang lebih stabil. Mereka yang tidur larut dan bangun di siang hari memiliki perubahan suasana hati dan lebih sering depresi.

Ayo mulai bangun pagi mulai besok ya!

Berita Terkait

Berita Terkini