Info

Berikut Tanda Orang dengan Kepribadian Ganda, Kamu Salah Satunya?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gangguan kepribadian ganda, salah satunya akibat trauma masa kecil.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi. (wunderweib.de)
Ilustrasi. (wunderweib.de)

Himedik.com - Kepribadian ganda merupakan gangguan psikologis dengan dua atau lebih kepribadian dalam satu tubuh. Seseorang dengan kepribadian ganda mengalami kesulitan untuk mengontrol dirinya sendiri. Sebab dalam tubuhnya seperti ada sejumlah kepribadian berbeda yang saling bertolak belakang.

Kepribadian ganda juga sering disebut dengan Dissociative Identity Disorder (gangguan identitas disosiatif). Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gangguan ini. Salah satunya akibat trauma parah yang terjadi pada masa kecil.

Lantas apa tanda-tanda orang yang memiliki kepribadian ganda? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Masing-masing dari kepribadian pada gangguan kepribadian ganda memiliki identitas berbeda satu sama lain. Setiap kepribadian memiliki pola pikir, cara berbicara, perilaku, jenis kelamin, usia, dan ras yang berbeda.  Bahkan, masing-masing kepribadian dapat memegang kendali penuh atas tubuh si penderita secara bergantian.

Hasil studi menyatakan, perempuan lebih berisiko mengidap gangguan kepribadian ganda. Terbukti, jumlah pasien perempuan lebih banyak daripada laki-laki, dengan bandingan 1:9. Penelitian mengenai hal ini masih berlanjut.

Gangguan kepribadian ganda sering disama-artikan dengan skizofrenia, padahal kedua gangguan ini jauh berbeda. Skizofrenia adalah gangguan mental yang salah satu gejala utamanya sering berhalusinasi, yaitu melihat atau mendengar hal-hal yang tidak nyata. Orang dengan skizofrenia tidak mengalami kepribadian ganda.

Ilustrasi. (thinkstock)
Ilustrasi. (thinkstock)

Tanda-tanda lain orang berkepribadian ganda antara laian sebagai berikut.

1. Tidak bisa mengingat waktu secara jelas

Jika susah menyadari waktu yang sedang berlangsung, bisa jadi kamu mengidap gangguan ini. Orang dengan kepribadian ganda tidak ingat dengan apa yang sedang mereka lakukan. Itulah mengapa mereka tidak menyadari dengan kehadiran waktu. Bahkan, hal ini juga terjadi ketika mereka sedang tidur.

2. Melakukan tindakan secara tidak sadar

Orang dengan kepribadian ganda seringkali melakukan sesuatu yang tidak dia sadari. Perilaku ini juga tidak pernah sama dan cenderung berlawanan. Hanya orang terdekatnya yang bisa menyadarkan dan membuat tingkahnya berubah.

3. Sangat mudah untuk berubah-ubah

Orang dengan kepribadian ganda memang susah ditebak. Kadang seseorang yang berbicara dengannya merasa apakah dia benar-benar sedang bicara dengan orang yang dikenalnya. Ya, dari mulai sikap dan kemampuan orang dengan kepribadian ganda sangat mudah berubah secara dratis.

4. Susah mengingat informasi pribadi

Hal-hal mengenai dirinya yang dinggap penting pun bisa tidak diingat oleh orang yang memiliki gangguan ini. Mereka juga menganggap melupakan sesuatu adalah hal yang wajar. Kepribadian gandanya yang memengaruhi terjadinya hal ini. Ketika dia menjalankan kepribadian A untuk membeli sesuatu, dan dia akan melupakan barang yang telah dibelinya begitu saja ketika kepribadian B bekerja.

Itulah beberapa tanda orang dengan kepribadian ganda. Apakah kamu salah satunya?

Berita Terkait

Berita Terkini