Info

Mengenal Kanker Usus Besar, Gejala hingga Penanganannya

Kanker usus besar terbanyak nomor dua yang menyebabkan kematian setelah kanker paru-paru.

Ririn Indriani

Ilustrasi usus besar. (Shutterstock)
Ilustrasi usus besar. (Shutterstock)

Himedik.com - Kanker usus besar menempati urutan ketiga, jenis kanker yang paling banyak diidap masyarakat di dunia.

Selain itu kanker usus besar juga menjadi kanker terbanyak nomor dua yang menyebabkan kematian setelah kanker paru-paru. Meski demikian, kanker usus besar sebenarnya bisa dicegah melalui pola hidup sehat dan deteksi dini melalui skrining.

Berbicara soal kanker usus besar, dr Wifanto Sadityo Jeo, Sp.B-KBD dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk mengatakan bahwa kanker usus besar berawal dari adanya polip atau benjolan di usus besar. Namun seiring berjalannnya waktu, benjolan ini kemudian menyebar secara tidak terkendali.

Gejala
Untuk mengenali penyakit ini lebih awal, Anda harus mengetahui lebih dulu beberapa gejalanya. Meski demikian Dokter Wifanto mengatakan bahwa pada stadium awal, penyakit ini cenderung tidak bergejala.

1. Perubahan pola buang air besar
Normalnya tinja yang sehat berbentuk padat namun tidak keras dan menyerupai sosis. Itu sebabnya, jika Anda buang air besar tidak teratur dan sering diare tanpa penyebab yang jelas, segera konsultasikan ke dokter.

2. Terdapat darah di feses
Adanya darah di feses bisa menjadi tanda pendarahan dari tumor di usus.

3. Berat badan menurun
Jika Anda sedang tidak diet namun berat badan terus menurun, maka perlu mewaspadai risiko pertumbuhan tumor dalam tubuh.

4. Rasa lelah tanpa sebab yang jelas
Salah satu tanda dari kanker usus adalah rasa lelah yang teramat sangat. Hal ini terjadi karena kadar hemoglobin di tubuh menurun drastis akibat pendarahan yang tidak disadari.

5. Ketidaknyamanan di perut
Perut terasa nyeri, kembung, begah atau melilit bisa mengarah pada gejala kanker usus besar.

Berita Terkait

Berita Terkini