Info

Intip Cara Mengatasi Kulit Kering dalam Waktu Singkat

Kulit kering sekarang bukan penghalang kamu melakukan banyak aktivitas outdoor. Lihat tips mengatasinya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kulit kering/Men Health India
Kulit kering/Men Health India

Himedik.com - Saat kamu memiliki kulit kering dan gatal, kamu pastinya ingin mengusir masalah itu dengan cepat. Mengatasi kulit kering bukan hanya dari apa yang kamu kenakan tapi tergantung juga bagaimana kamu membersihkan kulit, kondisi cuaca dan bahkan pakaian yang kamu pakai.

Tenang, kamu bisa mendapatkan kulit lembap jika kamu telaten menggunakan tips-tips ini. Seperti biasa, HiMedik akan beri kamu rahasia, kali ini untuk mengatasi masalah kulit kering dalam waktu singkat, dilansir webmd.

1. Katakan tidak untuk mandi air panas

Menurut dokter kulit Andrea Lynn Cambio, MD, mandi air panas bukan ide yang baik untuk kulit kering. Masalahnya adalah air panas bisa membuat kulit makin kering karena minyak alami dalam tubuh terhalang karena ini.

Untuk menjaga kulit tetap halus dan lembap, kamu bisa gunakan air hangat dan ingat cukup 5 sampai 10 menit waktumu untuk mandi. Setelah itu tepuk-tepuk dengan lembut tubuhmu.

2. Bersihkan kulit secara lembut

Kulit kering/Brickell Men's Products
Kulit kering/Brickell Men's Products

Cambio mengatakan sabun lembut yang bebas dari aroma adalah pilihan yang bagus. Produk dengan antibakteri bisa memperparah kondisi kulitmu. Pertimbangkan untuk menggunakan pembersih yang mengandung ceramides, kata dokter kulit Carolyn Jacob, MD.

Ceramide adalah molekul lemak yang membentuk penghalang luar kulit. Molekul ini membantu kulit menahan kelembapan. Saat kamu melakukan eksfoliasi, jangan menggosok terlalu kuat, ungkap Jacob. Ini bisa mengiritasi kulit.

3. Waktu mencukur

Menurut American Academy of Dermatology, waktu terbaik untuk mencukur adalah setelah kamu mandi. Rambut lebih lembut dan lebih lentur setelah mandi yang membuat mencukur jadi lebih mudah.

Selalu gunakan krim atau gel cukur dan cukur ke arah tumbuh rambut untuk melindungi kulitmu. Pastikan juga pisau cukur yang kamu pakai tidak tumpul.

Pisau silet yang tumpul dapat menyebabkan iritasi tambahan. Jika kamu menggunakan pisau cukur yang pernah dipakai, pastikan merendamnya terlebih dahulu untuk membersihkannya.

4. Lindungi kulitmu

Kulit kering/unsplash
Kulit kering/unsplash

Kerusakan akibat sinar matahari adalah salah satu penyebab utama di balik kulit kering, keriput dan kasar. Kamu dapat membantu mencegah kerusakan itu dengan memakai tabir surya SPF30.

Dalam cuaca sejuk, Cambio mengatakan, pastikan untuk pakai pakaian berlapis-lapis agar tak terlalu panas dan berkeringat berlebihan karena keduanya dapat mengiritasi kulit.

Untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah di musim dingin, gunakan lip balm dengan tabir surya SPF 15 , dan tutup bibir dengan syal atau masker. Di musim panas, kenakan kaos ringan, longgar, lengan panjang saat matahari dan pakai topi bertepi lebar untuk melindungi leher, telinga dan mata.

5. Gunakan pelembap

"Petroleum jelly adalah pelembap yang hebat," kata dokter kulit Sonia Badreshia-Bansal, MD. Kamu juga bisa menggunakan minyak mineral, krim favorit, atau lotion.

Leslie Baumann, MD, direktur Cosmetic Medicine dan Research Institute di University of Miami menjlaskan, carilah pelembap yang terdapat shea butter, ceramide, asam stearat, atau gliserin.

Semoga kulit keringmu kembali lembap ya!

Berita Terkait

Berita Terkini