Info

Punya Masalah Rambut Rontok? Jangan Pusing, Ini Cara Mengatasinya

Simak ulasan cara mengatasi rambut rontok di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Rambut rontok/readersdigest
Rambut rontok/readersdigest

Himedik.com - Rambut bisa menggambarkan kesehatan seseorang, begitu juga dengan kulit. Untuk wanita di seluruh dunia, rambut merupakan ekspresi kecantikan, kepercayaan diri serta gaya.

Sayangnya, akibat gaya hidup serta pola makan yang tak sehat, rambut sebagian besar orang mengalami masalah, salah satunya kerontokan. Bukan hanya itu, kerontokan juga disebabkan oleh genetika, stres atau kondisi medis misalnya kemoterapi.

Di sisi lain, ada juga penyebab rambut rontok yang kurang diketahui, misalnya persalinan, stres fisik dan emosional, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, kekurangan protein, anemia, alopecia, lupus dan penurunan berat badan yang drastis.

Untuk mengatasi itu, HiMedik sudah siapkan beberapa cara mengatasi rambut rontok, dilansir readersdigest.

1. Minoxidil adalah satu-satunya pengobatan yang terbukti untuk kerontokan rambut. Obat ini tersedia secara online.

Obat untuk rambut rontok/Amazon.ca
Obat untuk rambut rontok/Amazon.ca

2. Tutupi rambutmu

Pakai wig/Hair and Wigs
Pakai wig/Hair and Wigs

Beberapa pilihan saat rambut rontok adalah menggunakan wig, ekstensi rambut, syal dan makeup untuk menyamarkan kerontokan rambut. Jika kamu telah kehilangan lebih dari 50% rambutmu, karena kondisi seperti alopecia areata, lupus atau perawatan seperti kemoterapi, maka penggunaan wig disarankan untukmu.

3. Hindari penggunaan obat instan

Obat/Survivors' Table
Obat/Survivors' Table

Cobalah untuk tak tertipu pada obat-obat yang dijual secara online. Kamu bisa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi lengkap tentang pengobatannya.

4. Hindari memakai topi terlalu sering

Hindari memakai topi terlalu sering/Wirecutter
Hindari memakai topi terlalu sering/Wirecutter

Kepala juga butuh udara untuk bernapas. Jadi pastikan kamu tak sering menggunakan topi kecuali untuk melindungi kepalamu dari panas. Kamu juga disarankan untuk keramas tak lebih dari 3 kali seminggu.

5. Penerimaan diri

Penerimaan diri/Positive Psychology Program
Penerimaan diri/Positive Psychology Program

Penerimaan diri adalah kunci yang paling penting. Biarkan dirimu bersedih untuk hal ini untuk sementara waktu. Tapi kemudian, lakukanlah sesuatu yang proaktif yang membuat kamu merasa lebih baik.

 

Berita Terkait

Berita Terkini