Info

Tujuh Makanan Anti-Aging yang Bikin Kulit Glowing, Coba yuk!

Mau punya kulit glowing? Baca ini yuk!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kulit glowing/thebuyersreview.com
Kulit glowing/thebuyersreview.com

Himedik.com - Jika mata adalah jendela bagi jiwa, maka kulit adalah jendela bagi kesehatanmu. Kulit mencerminkan apa yang kamu makan.

Penuaan dimulai dari dalam ke luar, jadi sangat masuk akal jika memulai perawatan kulit dari dalam ke luar dengan makan makanan yang sehat.

Dilansir brightside, HiMedik menemukan tujuh makanan anti aging yang bisa bantu mencerahkan kulitmu. Simak yuk!

1. Ikan

Ikan yang tinggi asam lemak omega-3 (salmon, mackerel, herring, sarden, tuna) sangat penting untuk bikin kulit bersinar. Asam lemak omega-3 menjaga kulit tetap kenyal dan lembab dan mengurangi peradangan. Ikan ini juga merupakan sumber antioksidan, vitamin E serta seng, mineral yang membantu dalam penyembuhan luka, menyingkirkan jerawat dan iritasi.

Ikan/pexels
Ikan/pexels

2. Kacang

Kacang-kacangan. (female)
Kacang-kacangan. (female)

Sama seperti ikan, kacang-kacangan kaya asam lemak omega-3, seng dan vitamin E. Selain itu, kacang mengandung mineral dan vitamin lain yang membantu menjaga kulit tetap muda dan bersinar, seperti beberapa kelompok vitamin B (termasuk folat yang mencegah dermatitis), selenium (yang merupakan antioksidan baik untuk kulit,) dan vitamin C (yang memiliki sifat anti-penuaan).

Kenari, almond dan kacang mete adalah jenis kacang yang paling tinggi mengandung zat-zat penting tersebut.

3. Alpukat

Alpukat/pexels
Alpukat/pexels

Alpukat adalah salah satu makanan yang kaya akan akan lemak sehat yang membantu meningkatkan elastisitas serta kelembaban kulit. Alpukat juga kaya karotenoid yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Alpukat juga mengandung D-mannoheptulose yaitu fitokimia yang dipercaya untuk merangsang produksi kolagen.

4. Teh hijau

Teh hijau. (shutterstock)
Teh hijau. (shutterstock)

Teh ini penuh dengan polifenol dan katekin - antioksidan yang melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari meskipun kamu tetap harus menggunakan tabir surya.

5. Yogurt

Yogurt/pexels
Yogurt/pexels

Yogurt banyak mengandung probiotik hidup yang membantu kulit terlihat muda dengan mengurangi kemerahan, iritasi, dan jerawat. Bakteri yang ramah juga melawan peradangan di usus.

Kamu juga bisa mengoleskan yogurt pada kulit untuk meremajakan kulit. Asam laktat dalam yogurt memiliki sifat anti-penuaan dan pengelupasan yang akan mengurangi garis-garis halus dan mencerahkan wajah.

6. Blueberry

Blueberry/unsplash
Blueberry/unsplash

Merupakan buah yang kaya antioksidan yang membantu kulit melawan kerusakan radikal bebas dan memperbaikinya dari dalam. Anthocyanin yang ditemukan dalam blueberry menstabilkan kolagen, membuat kulitmu tetap awet muda dan sehat lebih lama.

7. Tomat

Tomat/unsplash
Tomat/unsplash

Tomat selain merupakan sumber vitamin C yang baik, juga mengandung karotenoid utama seperti lycopene, lutein, alpha-carotene dan beta-karoten. Karotenoid antioksidan dikenal untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah keriput. Ini juga merupakan anti-inflamasi.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari tomat, cara terbaik adalah memasaknya menggunakan lemak yang sehat seperti minyak zaitun daripada memakannya mentah-mentah. Makan tomat setelah dimasak membantu tubuh menyerap lebih banyak lycopene.

Jangan lupa setiap hari makan tujuh makanan di atas ya, agar kulitmu tetap sehat dan bercaya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini