Info

Enam Cara Menambah Manfaat Kesehatan Melalui Bernyanyi

Sudah sering bernyanyi belum nih?

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

bernyanyi bisa berikan kamu manfaat kesehatan/Musical U
bernyanyi bisa berikan kamu manfaat kesehatan/Musical U

Himedik.com - Buka mulutmu dan bernyanyilah! Ini bisa mendatangkan banyak manfaat buatmu. Menurut penelitian, bernyanyi dapat melampaui efek dari yoga untuk kesehatan jantung dan pernapasan.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini, kamu hanya perlu duduk atau berdiri tegak, bahu, leher dan otot wajah yang rileks untuk mendorong udara melalui pita suara ke dalam rongga wajah.

Dilansir livestrong, HiMedik sudah mengumpulkan 6 cara menambah manfaat kesehatan bernyanyi yang perlu kamu tahu.

1. Karaoke

Dalam sebuah penelitian terhadap 19.356 pria berusia 40 hingga 69 tahun, Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University Graduate School of Medicine menemukan bahwa karaoke mengurangi stres dan dikaitkan dengan risiko stroke dan penyakit jantung yang lebih rendah.

Karaoke
Karaoke

Tanigawa mengatakan, bar karaoke adalah cara yang baik untuk mengatasi stres, pernapasan dalam yang digunakan saat bernyanyi bagus untuk sistem saraf.

2. Di dalam Mobil

Nyanyi dalam mobil
Nyanyi dalam mobil

Bernyanyi saat mengemudi adalah cara yang keren untuk mengurangi kebosanan dalam perjalanan panjang atau dalam perjalanan ke sekolah dengan anak-anak yang emosional. Biarkan mereka bergantian memutuskan apa yang harus dinyanyikan.

Untuk perjalanan jarak jauh, jalankan Spotify atau Pandora dan pilih lagu favoritmu. Kamu tak perlu merasa malu karena tak bisa mencapai nada tinggi itu.

3. Paduan Suara Komunitas

Paduan suara komunitas
Paduan suara komunitas

Universitas Gothenburg di Swedia menemukan nyanyian paduan suara menghasilkan banyak efek yang sama dengan yoga. Memadukan suaramu dengan orang lain - pada dasarnya menjadi bagian dari satu instrumen besar - memberikan manfaat emosional dan fisik.

4. Kelompok Cappella

Kelompok Cappella
Kelompok Cappella

Nyanyian cappella - harmonisasi tanpa iringan - telah dimulai dalam beberapa tahun terakhir, terutama di kampus-kampus. Jika kamu seorang pelajar, jangan ragu untuk mencoba. Kamu bisa memiliki pengalaman seumur hidup serta mengasah telinga serta keterampilan vokalmu.

5. Paduan Suara Gereja

Paduan suara gereja
Paduan suara gereja

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Music menemukan bernyanyi dalam paduan suara gereja secara signifikan mengurangi kecemasan, dan survei Inggris terhadap hampir 400 orang menemukan anggota paduan suara mendapat lebih banyak manfaat mental-kesehatan daripada orang-orang yang bermain di tim olahraga.

6. Di Kamar Mandi

Nyanyi dalam kamar mandi
Nyanyi dalam kamar mandi

Meskipun lebih banyak orang bernyanyi di mobil daripada di kamar mandi, kamar mandi masih merupakan tempat yang bagus untuk melenturkan pita suaramu. Ruang tertutup - sering berubin - menyediakan akustik yang hebat. Suara bergema saat memantul bolak-balik di dalam bilik shower, menghasilkan nada yang lebih kaya.

Air hangat melemaskan tubuhmu dan uap memiliki efek luar biasa pada pita suara. Plus, sebuah penelitian di University of Frankfurt di Jerman menunjukkan bernyanyi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah sering bernyanyi kan?

Berita Terkait

Berita Terkini