Info

Ini 10 Tanda Gagal Ginjal, Dari Mudah Lelah Sampai Sulit Tidur

Kamu sering kelelahan atau sulit tidur? Mungkin kamu alami gagal ginjal.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Masalah ginjal. (Afro-American Newspapers)
Masalah ginjal. (Afro-American Newspapers)

Himedik.com - Rata-rata penderita gagal ginjal tak mengetahuinya dirinya sudah terkena penyakit ini. Pasalnya, penyakit ini tak memiliki tanda-tanda khusus yang bisa diketahui dengan pasti.

Dr. Joseph Vassalotti, Kepala Petugas Medis di National Kidney Foundation mengungkapkan hanya 10 persen orang dengan penyakit ginjal kronis yang sadar akan kondisinya. Dokter Vassalotti juga menjelaskan, satu-satunya cara untuk mengetahui seseorang sudah mengidap penyakit ini adalah dengan melihat tanda-tanda berikut.

Dilansir kidney.org, ini 10 tanda-tanda seseorang mengidap penyakit ginjal kronis yang telah dirangkum HiMedik.

1. Kamu lebih lelah, memiliki lebih sedikit energi atau kesulitan berkonsentrasi.

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan dapat membuatnya sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Otot-otot kram.

Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kram otot.

3. Kulit kering dan gatal.

Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka membuang kotoran dan cairan ekstra dari tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal lanjut, ketika ginjal tak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

4. Nafsu makan menjadi buruk.

Ini adalah gejala yang sangat umum, tetapi penumpukan racun yang dihasilkan dari penurunan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebabnya.

5. Buang air kecil lebih sering.

Jika kamu merasa perlu buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, ini bisa menjadi pertanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, itu dapat menyebabkan peningkatan dorongan untuk buang air kecil. Kadang-kadang ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kencing atau pembesaran prostat pada pria.

6. Pergelangan kaki dan kaki bengkak.

Pergelangan kaki bengkak. (Pinoy Health and Remedies)
Pergelangan kaki bengkak. (Pinoy Health and Remedies)

Fungsi ginjal yang menurun dapat menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan di ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati dan masalah pembuluh darah kronis.

7. Ada darah dalam urin.

Ginjal yang sehat biasanya menyimpan sel-sel darah di dalam tubuh ketika menyaring limbah dari darah untuk membuat urin, tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini dapat mulai "bocor" keluar ke urin. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urin dapat menjadi indikasi tumor, batu ginjal atau infeksi.

8. Adanya bengkak persisten di sekitar mata.

Protein dalam urin adalah tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak, memungkinkan protein bocor ke dalam urin. Bengkak di sekitar mata dapat disebabkan oleh fakta bahwa ginjal telah membocorkan banyak protein dalam urin, daripada menyimpannya di dalam tubuh.

9. Urin berbusa.

Gelembung yang berlebihan dalam urin - terutama yang mengharuskan kamu untuk menyiram beberapa kali sebelum meninggalkan toilet - menunjukkan protein dalam urin. Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang kamu lihat ketika mengacak telur, karena protein umum yang ditemukan dalam urin, albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan dalam telur.

10. Kesulitan tidur.

Ketika ginjal tak menyaring dengan benar, racun tetap berada di dalam darah - yang seharusnya dikeluarkan tubuh melalui urin. Ini bisa membuatnya sulit untuk tidur. Ada juga hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis dan sleep apnea lebih sering terjadi pada mereka dengan penyakit ginjal kronis.

Perhatikan tanda-tanda di atas, dan jika kamu mengalami beberapa tanda tersebut, segera konsultasi ke dokter ya.

Berita Terkait

Berita Terkini