Info

Trik Ampuh Cegah Keringatan Saat Tidur

Akibat kegerahan tidur jadi tidak nyenyak dan kualitas tidur berkurang.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi tidur kegerahan. (shutterstock)
Ilustrasi tidur kegerahan. (shutterstock)

Himedik.com - Musim panas kerap mengganggu jam tidur. Akibatnya tidur jadi tidak nyenyak dan kualitas tidur berkurang. Bahkan, saat bangun tidur tubuh bisa keringatan.

Dilansir dari Mirror, berikut empat trik menghindari tidur dari kegerahan.

1. Hindari kopi dan makanan pedas

Menghindari makanan pedas sebelum tidur sangat efektif untuk mencegah keringatan. Karena tubuh dapat menghemat energi untuk mengonsumsi makanan pedas.

Selain itu, konsumsi kopi membuat tubuh mengeluarkan banyak cairan. Tak hanya lewat saluran kemih, tetapi juga dari kelenjar keringat di kaki, telapak tangan, dan ketiak.

2. Menjaga ruangan tetap sejuk

Ilustrasi kipas angin dengan es batu. (shutterstock)
Ilustrasi kipas angin dengan es batu. (shutterstock)

Untuk sekedar menjaga ruangan agar tetap sejuk, bisa tanpa AC. Caranya dengan meletakkan sepiring es batu di depan kipas angin agar udara terasa sejuk. Selain itu, menjaga temperatur tubuh agar tidak meningkat. Bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan.

3. Gunakan baju berbahan katun

Baiknya gunakan baju berbahan katun, karena pori-pori kain ini besar sehingga kulit mendapat suplai udara. Selain itu, baju berbahan katun mudah menyerap keringat.

4. Gunakan antiperspiran

Meski terdengar aneh, ternyata antiperspiran ampuh menyumbat kelenjar keringat di bagian ketiak. Dan jangan lupa bersihkan dulu ketiak sebelum menggunakan antiperspiran.

Berita Terkait

Berita Terkini