Info

Game Asah Otak Seperti Sudoku Tak Membuat Kamu Lebih Pintar

Kamu yakin sudoku bisa bikin kamu lebih pintar? Baca penjelasannya di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Main sudoku tak membuat kamu lebih pintar. (Dreamstime)
Main sudoku tak membuat kamu lebih pintar. (Dreamstime)

Himedik.com - Pandangan bahwa bermain game asah otak seperti sudoku bisa membuat kamu lebih pintar sepertinya harus diubah. Pasalnya, dari situs dailymail, HiMedik menemukan bahwa permainan ini tak membuat kamu lebih pintar.

Bermain sudoku atau menggunakan aplikasi lain untuk mengasah otak memang membuat kamu lebih mahir saat bermain namun tak akan meningkatkan IQ. Menurut para peneliti, justru olahraga dan bersosialisasi yang akan membuat pikiran lebih tajam.

Para peneliti di Western University di London, Ontario mempelajari efek permainan pelatihan otak dalam sebuah eksperimen yang melibatkan 72 orang.

Orang-orang dalam satu kelompok menggunakan permainan mengasah otak yang dirancang untuk meningkatkan daya kerja otak.

Kemudian, mereka yang bermain game asah otak melakukan tes bersama dengan mereka yang tak bermain game sama sekali. Hasilnya, mereka yang bermain game memiliki pencapaian yang tak lebih baik dari mereka tidak bermain game.

Para peneliti justru menyarankan untuk berolahraga seperti lari atau berjalan cepat dan bersosialisasi lebih banyak daripada kamu menghabiskan waktu untuk bermain game seperti itu. Mereka juga menekankan agar kamu punya cukup waktu untuk tidur jika ingin punya pikiran lebih tajam.

Makanan tinggi lemak. (shutterstock)
Makanan bergizi. (shutterstock)

Dari situs ini juga HiMedik menemukan rahasia menjaga kesehatan otak. Menurut peneliti dari seluruh dunia, apa yang baik untuk jantung itu baik untuk otak.

Kamu disarankan untuk konsumsi berries, sayuran segar terutama sayuran hijau, lemak sehat seperti minyak zaitun extra-virgin, kacang, dan makanan laut. Selain itu, konsumsi juga susu rendah lemak, serta biji-bijian.

Batasi asupan gorengan, kue kering, makanan yang diproses, daging merah, produk susu penuh lemak serta garam.

Tips lainnya adalah tetap aktif secara fisik, makan setidaknya sekali seminggu ikan yang tak digoreng, gunakan lemon, cuka, bumbu dan rempah-rempah untuk memberi cita rasa menggantikan garam.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini