Info

Lipatan Kulit Leher yang Gelap Adalah Tanda Awal Diabetes!

Siapa sangka lipatan kulit leher yang gelap merupakan tanda awal diabetes? Lihat tanda lainnya di sini

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Lipatan leher. (yummylooks.com)
Lipatan leher. (yummylooks.com)

Himedik.com - Masih banyak masyarakat yang belum sadar akan gejala diabetes. Gejala yang hampir tak terlihat ini membuat sebagian besar orang terlambat untuk mendapatkan penanganan khusus dari dokter.

Salah satu gejala yang tak diketahui banyak orang adalah lipatan kulit leher yang berwarna gelap. Oleh karena itu segera cek gula darahmu ke dokter jika kamu menemukan gejala ini sehingga bisa langsung mendapatkan perawatan.

HiMedik sudah mengumpulkan beberapa gejala diabetes, dilansir Brightside. Simak di bawah ini.

1. Permukaan kulit yang gelap

Beberapa area tubuh yang gelap yang menjadi tanda diabetes adalah pada lipatan kulit di leher, ketiak, selangkangan, siku, belakang lutut dan di jari-jari tangan. Jika kondisi ini dialami oleh orang sehat, maka secepatnya segera periksa ke dokter.

Lipatan leher. (yummylooks.com)
Lipatan leher. (yummylooks.com)

2.  Kelelahan

Jika kamu menderita diabetes, maka kamu merasa lelah dan mengantuk setiap saat. Selmu tak memiliki cukup glukosa untuk digunakan sebagai energi. Kelelahan bisa menjadi gejala dari banyak kondisi lainnya, seperti diet karbohidrat, terlalu banyak kafein dan penuaan.

3. Penurunan berat badan

Berat badan/pexels
Berat badan. (pexels)

Jika kamu tak diet atau olahraga dan berat badanmu turun, maka kamu mengalami diabetes. Dehidrasi juga berkontribusi terhadap penurunan berat badan mendadak karena tubuh menggunakan semua cairan yang tersedia untuk menghasilkan urin.

4. Rasa lapar meningkat

Kelaparan berlebihan (polyphagia) juga merupakan gejala umum diabetes. Jika kamu terus makan, maka itu hanya meningkatkan gula darahmu.

5.  Nyeri pada tangan dan kaki

Kesemutan dan mati rasa pada tangan dan kaki juga bisa menjadi gejala dari penyakit diabetes. Tangan dan kaki biasanya memberikan gejala paling awal ketika menderita penyakit ini.

6. Peningkatan rasa haus dan buang air kecil

Ilustrasi/Medibank
Ilustrasi rasa kencing (Medibank)

Rasa haus (polydipsia) dan sering buang air kecil (polyuria) adalah gejala yang paling umum. Umumnya masih normal jika kamu BAK di antara 4-10 kali. Namun, jika frekuensinya lebih dari itu, maka bisa jadi kamu mengalami diabetes.

Segera dapatkan saran dokter jika kamu mengalami beberapa gejala di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini