Info

Tak Ingin Dibohongi? Periksa Tanda Kebohongan dari Wajah

Secara psikologi orang yang sedang berbohong akan menimbulkan reaksi.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi orang yang sedang bercengkerama. (shutterstock)
Ilustrasi orang yang sedang bercengkerama. (shutterstock)

Himedik.com - Siapa sih yang suka dibohongi? Bisa dipastikan semua orang tidak suka. Jika tak mau dibohongi orang, ada tanda-tanda dari wajah yang bisa diketahui.

Secara psikologi orang yang sedang berbohong akan menimbulkan reaksi tertentu. Namun, tak banyak yang mengetahuinya. Reaksi yang ditimbulkan pun bermacam-macam, salah satunya dari wajah. Berikut ulasannya, dilansir dari Business Insider. 

1. Mata bergerak ke kiri dan kanan

Reaksi psikologis saat berbohong adalah perasaan tidak nyaman. Ini akan berdampak pada pandangan mata yang bergerak ke kiri dan kanan secara berulang-ulang. Namun, biasanya hal ini terjadi dengan sangat cepat sehingga perlu lebih memperhatikan dengan seksama.

2. Mata mengedip cepat

Ilustrasi mata mengedip cepat. (istimewah)
Ilustrasi mata mengedip cepat. (istimewah)

Saat berbohong, orang cenderung stres menutupi kebohongan dirinya. Karena itu reaksi fisik yang ditimbulkan adalah mengedipkan mata lebih cepat dari biasanya. Jika normalnya 5-6 kali per menit, jika berbohong bisa lebih banyak.

3. Menutup mata lebih lama

Orang yang berbohong cenderung menutup matanya lebih lama saat mengatakan kebohongan. Mata berkedip biasanya 0,1 sampai 0,4 detik, tetapi saat berbohong bisa hingga satu sampai dua detik.

4. Melihat ke arah kanan

Jika orang yang dominan sebelah kanan, maka cenderung melihat ke arah kanan saat berbohong. Sebaliknya dengan orang kidal cenderung melihat ke arah kiri.

5. Senyum palsu

Ilustrasi senyum palsu. (Shutterstock/Aaron Amat)
Ilustrasi senyum palsu. (Shutterstock/Aaron Amat)

Saat berbohong, orang cenderung untuk tersenyum. Meski demikian, senyum yang dihasilkan adalah senyum palsu karena tidak berdampak pada mata yang lebih menyipit.

6. Menyentuh wajah

Berbohong sering menimbulkan reaksi fisik, seperti gatal pada wajah. Orang yang berbohong pun lebih sering menyentuh wajah untuk mengurangi gatalnya.

Berita Terkait

Berita Terkini