Info

Sterilisasi Botol Susu Bayi Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro

Simak pentingnya sterilisasi botol susu bayi menurut dokter Reisa.

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Pentingnya sterilisasi botol susu bayi menurut dokter Reisa. (Kolase)
Pentingnya sterilisasi botol susu bayi menurut dokter Reisa. (Kolase)

Himedik.com - Nama Reisa Broto Asmoro mungkin sudah tak asing bagi sebagian orang. Bagi kamu yang sering menonton Dr. OZ, pasti sudah akrab dengan wajah dokter ini.

Ya, dokter cantik ini sering memberikan tips-tips kesehatan yang sering kamu lihat di televisi dalam acara DR. OZ. Selain melalui televisi, ia kerap membagikan info kesehatan melalui media sosial instagramnya.

Menurut pantauan HiMedik dari akun instagram Reisa Broto Asmoro, @reisabrotoasmoro, dokter cantik ini memberikan penjelasan seputar sterilisasi botol susu bayi.

Reisa menjelaskan, tubuh bayi masih sangat rentan terhadap berbagai penyakit jika dibandingkan dengan orang dewasa. Apa yang tak berbahaya bagi orang dewasa bisa saja menjadi ancaman bagi seorang bayi.

Berbagai virus dan bakteri bisa menginfeksi bayi lewat peralatan makanan yang dipakai, misalnya melalui botol susu. Menurutnya, botol susu yang tak disterilisasi dapat meningkatkan risiko infeksi virus, parasit dan bakteri pada saluran pencernaan bayi.

Hal ini bisa membuat bayi muntah atau diare. Sterilisasi botol diperlukan jika air yang dipakai tak terjamin kebersihannya, atau dilakukan ketika bayi sedang sakit.

Sterilisasi dilakukan juga ketika perlengkapan makan atau botol susu tersebut baru dibeli. Menurut wanita cantik yang merupakan Puteri Indonesia 2010 ini, bukan hanya perlengkapan makan, tapi juga mainan anak, teether sampai dengan barang-barang yang disukai bayi pun harus disterilisasi.

Apalagi bayi yang masih suka memasukkan semua barang ke dalam mulut. Lalu, bagaimana cara mensterilisasi peralatan makan bayi?

1. Merebus botol

Diharapkan kamu merebus botol susu bayi menggunakan panci yang berbeda saat kamu memasak. Rebus air sampai mendidih lalu masukkan peralatan bayi yang sudah dipisah-pisahkan. Rebus selama 5 - 10 menit.

Kemudian angkat dan keringkan. Pastikan kamu sudah mencuci tangan sebelum melakukan ini ya.

2. Menggunakan microwave

Buka tutup botol susu kemudian diamkan selama kurang lebih 2 menit. Sekali lagi pastikan tanganmu sudah dicuci karena bakteri dari tangan bisa saja berpindah ke botol susu. Salah satu kelebihan sterilisasi menggunakan microwave adalah tak ada bau yang tertinggal pada botol.

 

 

Cintai kesehatan buah hati mulai sekarang.

Berita Terkait

Berita Terkini