Info

Lakukan Gym, Jadi Cara Astronaut Tetap Jaga Kesehatan

Kondisi luar angkasa dengan nol gravitasi memang membuat tubuh manusia menjadi melemah.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi astronaut. (Instagram/astrokomrade)
Ilustrasi astronaut. (Instagram/astrokomrade)

Himedik.com - Meski hidup jauh dari bumi, tak membuat para astronaut lupa akan menjaga kesehatan. Terbukti mereka kerap melakukan gym agar tubuh tetap fit dan sehat.

Kondisi luar angkasa dengan nol gravitasi memang membuat tubuh manusia menjadi melemah. Setidaknya, para astronaut yang berada di luar angkasa kehilangan 15 persen massa ototnya jika tidak berolahraga.

Sayangnya, berolahraga di luar angkasa adalah suatu hal yang sulit dilakukan. Hal ini karena tidak adanya gravitasi. Tentu akan sangat sulit melakukan olahraga sambil melayang-layang.

Astronaut melakukan gym. (Phys)
Astronaut melakukan gym. (Phys)

Baru-baru ini, para astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) mengunggah sebuah video ketika seorang astronaut sedang melakukan gym di luar angkasa.

Astronaut ini memanfaatkan Advanced Resistive Exercide Device (ARED) yang dibuat NASA agar para astronaut bisa berolahraga di luar angkasa.

Video ini diunggah di akun Instagram dengan username @astrokomrade yang sudah ditonton oleh lebih dari 14 ribu pengguna Instagram.

"Sedang berlatih agar tetap bugar di ISS! Mesin mengagumkan ini disebut ARED atau Advanced Resistive Exercise Device. Manfaat dari segala latihan angkat beban di Bumi tetap dirasakan oleh semua otot tubuh. Merasa lebih kuat dibanding saat meninggalkan bumi," tulisnya.

Astronaut melakukan gym. (NASA)
Astronaut melakukan gym. (NASA)

Berada dalam kondisi nol grativasi di ISS, astronaut bernama Randolph ini tetap berolahraga tanpa kesulitan dengan bantuan ARED.

ARED menjadi alat gym bagi para astronaut sejak tahun 2009. Ada penelitian yang menyatakan jika melakukan gym selama 16 minggu dengan ARED dapat membuat peningkatan signifikan pada kekuatan, volume, serta massa jaringan otot, kemampuan loncat, dan juga kepadatan mineral tulang astronaut.

ARED menjadi solusi yang tepat untuk kondisi tubuh astronaut di luar angkasa.

Simak video astronaut yang sedang melakukan gym di luar angkasa di bawah ini.

Artikel terkait pernah dimuat Hitekno.com dengan judul: Tetap Jaga Kesehatan, Ini Cara Astronaut Melakukan Gym

Berita Terkait

Berita Terkini