Info

Efek Buruk Akibat Terlalu Banyak Makan Es Krim

Perhatikan porsi dalam mengonsumsi es krim

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Es krim (unsplash.com)
Es krim (unsplash.com)

Himedik.com - Es krim adalah salah satu camilan favorit banyak orang, tidak hanya anak-anak. Makanan yang terkenal dengan kelezatannya ini tidak pernah berhenti diserbu masyarakat.

Selain mudah didapatkan, harga es krim juga terjangkau. Sekarang ini, es krim sudah banyak dijadikan variasi dalam makanan lain, seperti rujak es krim, es krim durian, roti es krim, dan lain-lain.

Namun, di balik kelezatannya, ternyata ada efek buruk jika terlalu sering atau terlalu banyak makan es krim.

Dampak buruk terlalu banyak makan es krim (unsplash.com)
Dampak buruk terlalu banyak makan es krim (unsplash.com)

1. Menyebabkan serangan jantung dan stroke

Es krim mengandung lemak jenuh seperti telur, mentega, daging, dan susu. Jika dikonsumsi berlebihan, maka lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol darah yang kemudian dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan akhirnya mengakibatkan serangan jantung dan stroke. 

2. Meningkatkan kadar kolestrol

Satu porsi es krim umumnya mengandung 25 mg kolesterol. USDA merekomendasikan untuk mengonsumsi kolesterol kurang dari 2.300 mg kolesterol setiap hari untuk menghindari peningkatan kadar kolesterol darah.

Jika terlalu banyak mengonsumsi es krim dapat meningkatkan kadar kolestrol. Meskipun kandungan kolesterol dalam satu porsi es krim masih kurang dari batas yang telah ditetapkan USDA, Institute of Medicine merekomendasikan untuk membatasi jumlah konsumsi es krim per harinya karena tubuh manusia secara alami sudah menghasilkan sekitar 1.000 mg kolesterol setiap hari.

3. Menyebabkan penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini muncul karena kandungan lemak yang tinggi.

Tubuh manusia memerlukan lemak 78 gram setiap harinya, sedangkan es krim mengandung 10% dari yang tubuh butuhkan. Maka dari itu, pertimbangkan es krim yang Anda konsumsi setiap harinya.

4. Mengakibatkan diabetes

Es krim mengandung gula murni yang hanya terdiri atas kalori tanpa ada nutrisi lain. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan gula untuk memenuhi kebutuhan kalori harian.

Namun, jika berlebihan juga tidak baik. Dampak langsung gula pada kadar glukosa darah dapat mengakibatkan diabetes.

Nah, bagi penggemar es krim, perhatikan ya dalam mengonsumsi es krim setiap harinya. Ingat! Jangan berlebihan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini