Info

Tiga Jenis Cabai Ini Mengandung Lebih Banyak Vitamin C dari Jeruk

Ternyata kandungan vitamin C pada cabai lebih tinggi dari buah jeruk

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Cabai (unsplash.com)
Cabai (unsplash.com)

Himedik.com - Saat mendengar kata cabai yang terpikir dalam benak kita adalah rasa pedas. Ya benar cabai memang pedas, namun tahukah kamu bahwa cabai memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk.

Bahkan satu siung cabai rawit mengandung vitamin C lebih banyak dari pada satu buah jeruk. Dilansir dari www.organicauthority.com, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kandungan vitamin C terbanyak justru terdapat pada cabai.

Di antara berbagai jenis cabai, cabai hijau adalah jenis yang paling banyak mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C pada cabai hijau diketahui jauh lebih tinggi dari kandungan vitamin C pada cabai merah dan cabai rawit. 

Selain cabai hijau, tiga jenis cabai ini juga memiliki banyak kandungan vitamin C yang sangat berguna bagi kesehatan lho.

1. Cabai Merah

Setengah cangkir irisan cabai merah ternyata bisa memberikan 107,8 mg vitamin C. Selain itu, para peneliti dari University of Buffalo juga menemukan bahwa capcaisin, kandungan yang membuat cabai terasa pedas, dapat membantu meringankan nyeri sendi dan otot.

2. Cabai Paprika Merah

Secangkir irisan cabai paprika merah mengandung hampir tiga kali vitamin C yang terkandung dalam jeruk atau setara 190 mg. Cabai paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

3. Cabai Paprika Hijau

Hampir sama dengan cabai paprika merah, cabai paprika hijau mengandung vitamin C sebesar 120 mg. Walaupun lebih sedikit dari paprika merah, tapi jumlah ini masih memenuhi 200 persen kebutuhan vitamin C harian pada tubuh kita. Cabai jenis ini juga merupakan sumber kaya serat.

Di negara India, cabai telah dimasukkan kedalam obat-obatan Ayurveda (pengobatan herbal khas India), dan digunakan sebagai tonik untuk menangkal berbagai penyakit.

Cabai baik untuk membantu melangsingkan tubuh, karena kemampuannya membakar kalori dengan mudah. Selain itu, juga merangsang nafsu makan, membantu untuk membersihkan paru-paru, dan merangsang sistem pencernaan.

Jadi bagaimana? Masih takut untuk menikmati sensasi pedasnya cabai?

Berita Terkait

Berita Terkini