Info

Begini Solusi Menghilangkan Keloid

Keloid tumbuh karena adanya bekas luka. Penampakannya seperti benjolan yang membesar. Begini solusi menghilangkannya.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

keloid (Shutterstock)
keloid (Shutterstock)

Himedik.com - Keloid merupakan bekas luka yang tumbuh di dada, area kepala, dan bahu. Penampakannya seperti benjolan yang membesar. Keloid sendiri bisa muncul akibat adanya bekas luka seperti cacar, suntik, operasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, faktor genetik juga bisa menyebabkan seseorang terkena keloid. Lebih jelasnya, ketika tubuh terluka, fibrosa secara otomatis akan terbentuk pada permukaan kulit sebagai upaya perbaikan dan perlindungan.

Bedanya, pada keloid fibrosa malah terus tumbuh dan menebal. Bahkan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan luka tersebut.

Lalu bagaimana solusi menghilangkannya?

Meskipun terlihat seperti daging yang tumbuh, keloid ini tidak berbahaya. Hanya saja sangat mengganggu penampilan. Kamu yang memiliki keloid bisa menghilangkannya dengan cara memberikan suntikan kortisokosteroid.

Suntikan ini aman dilakukan, namun menimbulkan rasa sakit. Supaya keloid segera mengempis, suntikan harus rutin diberikan minimal dua bulan sekali. Jenis suntikan lainnya yaitu fluorouracil. Suntikan ini biasanya dilakukan dengan atau tanpa steroid.

Cara Lainnya yaitu dengan menggunakan bantuan laser. Namun, dari segi biaya metode laser ini terbilang cukup mahal. Pengobatannya pun harus dilakukan beberapa kali. Tidak bisa sekali laser keloid langsung hilang.

ilustrasi menghilangkan keloid (YouTube)
ilustrasi menghilangkan keloid (YouTube)

Berikutnya adalah operasi. Cara ini mungkin ada baiknya dijadikan pilihan terakhir. Hal ini dikarenakan keloid sendiri muncul akibat adanya bekas luka termasuk operasi.

Begitu pula radiasi, ada baiknya juga dijadikan pilihan terakhir. Pasalnya radiasi dikhawatirkan memicu pertumbuhan sel kanker. Daripada was-was, lebih baik menghindari bukan?

Sebenarnya masih ada beberapa solusi lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan keloid. Di antaranya menggunakan silikon gel, cryotherapy, dan interferon. Namun dari beberapa cara yang disebutkan, suntikan fluorouracil lah yang sering digunakan.

Nah, sudah tahu kan apa itu keloid? Keloid tidak berbahaya kok, jadi tidak perlu khawatir.

Berita Terkait

Berita Terkini