Info

Hentikan Kebiasaan Sering Keramas! Ini Lho Resikonya

Ternyata kebiasaan sering keramas itu ngga baik untuk rambut, ini lho resikonya

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Keramas (unsplash.com)
Keramas (unsplash.com)

Himedik.com - Memiliki rambut sehat dan indah menjadi idaman setiap orang. Namun, untuk mendapatkan itu semua harus dilakukan perawatan, salah satunya adalah keramas.

Keramas membuat rambut terasa lebih nyaman, karena kotoran di kepala seperti ketombe akan hilang. Tidak hanya itu, keramas membuat kulit kepala terasa dingin dan segar.

Perlu kamu ketahui, apabila terlalu sering keramas ternyata menimbulkan risiko buruk pada rambut sehingga menyebabkan rambut rusak. Berikut beberapa dampak akibat terlalu sering keramas.

Rambut (unsplash.com)
Rambut (unsplash.com)

1. Rambut bercabang

Rambut bercabang ditandai dengan kondisi rambut yang kering dengan kelembaban rendah sehingga membuat ujung rambut menjadi pecah-pecah.

2. Munculnya ketombe

Ketombe dialami oleh semua orang dan hal ini wajar. Namun jika terlalu banyak ketombe sudah termasuk tidak normal. Sering keramas membuat kulit kepala terjadi pencucian sehingga minyak alami pada kepala terbuang dan membuat kulit mati atau ketombe muncul semakin banyak.

3. Rambut mudah patah

Terlalu sering keramas membuat nutrisi pada rambut berkurang sehingga kekuatan rambut pun berkurang. Hal ini lah yang menyebabkan rambut mudah patah.

4. Rambut rontok

Mirip dengan rambut mudah patah, kondisi ini membuat kekuatan pada kulit kepala, yang merupakan alat melekatnya akar rambut, menjadi berkurang sehingga menyebabkan rambut rontok. Bahkan, seseorang pernah mengalami rambut bagian depan hampir botak akibat terlalu sering keramas.

Itulah resiko akibat terlalu sering keramas. Sebaiknya, lakukan perawatan mudah pada rambut dua hari sekali untuk menghindari kerusakan.

Berita Terkait

Berita Terkini